Pengaruh Pemberian Minyak Prepupa Black Soldier Fly (Hermetia illucens L.) Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Tipe II Pada Mencit (Mus musculus L.) Jantan

Salbella, Dwi Utari (2022) Pengaruh Pemberian Minyak Prepupa Black Soldier Fly (Hermetia illucens L.) Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Tipe II Pada Mencit (Mus musculus L.) Jantan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Luka bakar merupakan kerusakan jaringan yang disebabkan oleh kontak dengan sumber panas seperti air, api, bahan kimia dan listrik. Minyak prepupa Hermetia illucens memiliki kandungan asam lemak tinggi yang diduga berpotensi dalam mempercepat penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui senyawa bioaktif yang terkandung dalam minyak prepupa, pengaruh minyak prepupa terhadap luas luka bakar, persentase penyembuhan luka dan perubahan morfologi pada kulit serta jumlah komponen nilai leukosit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan 4 perlakuan yaitu perlakuan kontrol negatif (KN), perlakuan dengan bioplacenton kontrol positif (KP), perlakuan minyak prepupa 20µl satu kali sehari (P1) dan perlakuan minyak prepupa 20µl dua kali sehari (P2). Hasil analisis kromatografi gas menunjukkan bahwa minyak prepupa Hermetia illucens memiliki kandungan utama yaitu asam linoleat dengan bioaktifitas sebagai anti-inflamasi. Pada pengukuran luas luka signifikan (P<0,05) pada hari ke-7, penyembuhan luka lebih cepat pada kelompok perlakuan minyak prepupa 20µl dua kali sehari (P2), persentase penyembuhan tertinggi pada hari ke-14 yaitu pada kelompok minyak prepupa 20µl dua kali sehari (P2) sebesar 99, 67% dan tidak terdapat perubahan morfologi luka secara signifikan antar kelompok perlakuan. Minyak prepupa tidak memberikan efek signifikan (p>0,05) terhadap komponen nilai leukosit. Kesimpulannya pemberian minyak prepupa 20µl dua kali sehari mempercepat proses penyembuhan luka bakar pada mencit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Resti Rahayu
Uncontrolled Keywords: Bioplacenton, luas luka, leukosit, minyak prepupa, persentase penyembuhan luka
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:56
Last Modified: 23 Aug 2022 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109881

Actions (login required)

View Item View Item