KARAKTERISASI MORFOLOGI PLASMA NUTFAH UBI JALAR (Ipomoea batatas (L.) Lam) DI BERBAGAI KETINGGIAN TEMPAT DI SUMATERA BARAT

FEBRIAN, ERNALIS (2015) KARAKTERISASI MORFOLOGI PLASMA NUTFAH UBI JALAR (Ipomoea batatas (L.) Lam) DI BERBAGAI KETINGGIAN TEMPAT DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201502141302th_skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan mengkarakterisasi karakteristik morfologi beberapa aksesi plasma nutfah ubi jalar di berbagai ketinggian tempat di Sumatera Barat telah dilaksanakan bulan Maret sampai dengan November 2014 di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok dan Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana pengambilan sampel menggunakan metode deskriptif. Dari penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan karakteristik morfologi batang, morfologi daun dan morfologi umbi tanaman ubi jalar berdasarkan ketinggian tempat yang berbeda pada aksesi tanaman ubi jalar yang sama, pada 19 aksesi tanaman ubi jalar dilakukan analisa kemiripan dengan menggunakan NTSYS-pc, jika dilihat dari persentase kemiripan 80% terdapat empat aksesi yaitu aksesi TD2, SLJ3, SHG1 dan SHG2. Skala persentase kemiripan 50% ada empat kelompok kecil, kelompok utama dibentuk oleh aksesi TD1, SLJ2, PDG1, PDG3, SHG5, SLG2, kelompok ke dua dibentuk oleh aksesi TD2, SLJ3, SLG3, PDG2, kelompok ke tiga dibentuk oleh aksesi SHG1, SHG2, SHG4, SLJ1, dan kelompok ke empat dibentuk oleh aksesi SHG3, SLJ4. Kata kunci : ubi jalar, karakterisasi, plasma nutfah, kemiripan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 18 Jun 2016 22:06
Last Modified: 18 Jun 2016 22:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10988

Actions (login required)

View Item View Item