PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTI HIPERGLIKEMIA SEDUHAN BIJI KOPI HIJAU ROBUSTA, ARABIKA DAN LIBERIKA PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus) DIABETES GALUR BALB/C

Fenny, Khairunnisa (2022) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTI HIPERGLIKEMIA SEDUHAN BIJI KOPI HIJAU ROBUSTA, ARABIKA DAN LIBERIKA PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus) DIABETES GALUR BALB/C. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (Tesis full text)
Tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kopi hijau memiliki kandungan asam klorogenat yang berpotensi sebagai anti diabetes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian seduhan biji kopi hijau robusta, arabika dan liberika sebagai anti diabetes. Hewan uji yang digunakan adalah mencit putih jantan galur BALB/C sebanyak 45 ekor yang diinduksi aloksan 150 mg/kgBB secara intraperitoneal. Hewan uji dibagi secara acak menjadi 5 kelompok, terdiri atas kelompok kontrol negatif yang diberikan aquadest, kelompok kontrol positif yang diberikan glibenklamid 0,65 mg/kgBB, dan kelompok yang diberi seduhan biji kopi hijau robusta, arabika dan liberika 650 mg/kgBB secara oral selama 14 hari, dan kemudian diukur kadar glukosa darah, berat badan mencit, waktu perdarahan, rasio organ pankreas dan skoring histopatologi pankreas pada hari ke 0, 7 dan 14 setelah pemberian obat. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan ANOVA dua arah dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan dengan signifikansi (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mencit yang diberi seduhan biji kopi hijau robusta, arabika dan liberika dapat menurunkan kadar glukosa darah, waktu perdarahan lebih lama dan memperbaiki kerusakan jaringan endokrin pankreas secara nyata (p<0,05), tetapi tidak terdapat pengaruh terhadap berat badan mencit, rasio organ pankreas dan histopatologi jaringan eksokrin pankreas. Mencit yang diberi seduhan biji kopi hijau robusta, arabika dan liberika secara berturut-berturut dapat menurunkan kadar glukosa darah sebesar 38,89%; 26,33% dan 31,00%. Pemberian seduhan biji kopi hijau robusta, arabika dan liberika memperlihatkan waktu perdarahan yang lebih lama yaitu secara berturut-turut 42,16%; 31,21% dan 37,95%. Selain itu, pemberian seduhan biji kopi hijau robusta dan liberika dapat memperbaiki kerusakan jaringan endokrin pankreas yaitu secara berturut-turut sebesar 14,14% dan 1,20%. Sedangkan seduhan biji kopi hijau arabika mengalami sedikit penurunan dalam perbaikan jaringan endokrin pankreas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan seduhan biji kopi hijau robusta memberikan efektivitas anti diabetes paling tinggi dibandingkan arabika dan liberika.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Almahdy A, MS
Uncontrolled Keywords: Anti hiperglikemia, Biji kopi hijau, Asam klorogenat
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:37
Last Modified: 24 Aug 2022 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109849

Actions (login required)

View Item View Item