Analisis Risiko Menggunakan Metode Bowtie Pada Pekerjaan Reaktivasi, Stimulasi dan Killing Sumur di PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1 Jambi

Hendri, Shinta Cyntiana (2022) Analisis Risiko Menggunakan Metode Bowtie Pada Pekerjaan Reaktivasi, Stimulasi dan Killing Sumur di PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1 Jambi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK TA.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
BAB 1-PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (PENUTUP)
BAB 5-PENUTUP.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (FULL TEXT)
TA FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Eksplorasi dan produksi di sektor migas memiliki potensi risiko bahaya yang tinggi, terutama pada kegiatan reaktivasi, stimulasi dan killing sumur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko tinggi terjadinya kecelakaan pada saat pengaktifan kembali, stimulasi dan killing sumur melalui penilaian risiko. Ancaman dan akibat dari bahaya risiko tinggi dianalisis dan divisualisasikan rekomendasi pengendaliannya menggunakan analisis bowtie. Penelitian dilakukan pada masa new normal pandemi Covid-19. Responden penelitian ini adalah pekerja dari manajemen K3L dan juga pekerja lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan dua risiko tinggi hazard untuk reaktivasi, stimulasi dan mematikan aktivitas sumur, mencakup risiko luka bakar saat semburan dan juga risiko infeksi Covid-19. Diagram Bowtie sebagai bentuk mitigasi komprehensif yang terdiri dari penyebab, akibat dan pengendalian dari masing-masing risiko tinggi tersebut. Rekomendasi pengendalian terdiri atas penambahan peralatan penunjang sebagai bentuk rekayasa teknik, penggunaan alat pelindung diri dan pengendalian administratif. Kata Kunci : bowtie, aktivasi, stimulasi, killing, new normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TIVANY EDWIN, S.T.,M.Eng
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:09
Last Modified: 24 Aug 2022 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109818

Actions (login required)

View Item View Item