ANALISIS KEMAMPUAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN ASUHAN KEPERAWATAN DI IRNA NON BEDAH PENYAKIT DALAM RS DR. M. DJAMIL PADANG 2014

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2015) ANALISIS KEMAMPUAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN ASUHAN KEPERAWATAN DI IRNA NON BEDAH PENYAKIT DALAM RS DR. M. DJAMIL PADANG 2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201501251137th_skripsi_adek_utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Pelaksanaan asuhan keperawatan sebagai kinerja perawat masih kurang. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kemampuan kepala ruangan dalam mensupervisi asuhan keperawatan yang dilaksanakan oleh perawat pelaksana. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan supervisi kepala ruangan menurut persepsi perawat pelaksana yang meliputi pengetahuan, enterpreneurial, sosioemosional, intelektual dan interpersonal. Jenis penelitian ini deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Cara pengambilan sampel adalah purpossive sampling. Hasil penelitian didapatkan lebih dari separoh perawat pelaksana melaksanakan asuhan keperawatan dengan baik, kemampuan supervisi kepala ruangan dipersepsikan baik oleh perawat pelaksana dan ada hubungan yang bermakna antara kemampuan supervisi kepala ruangan yang meliputi pengetahuan, enterpreneurial, sosioemosional, intelektual dan interpersonal dengan pelaksanaan asuhan keperawatan dengan nilai p value < 0,05. Perlu peningkatan kemampuan intelektual kepala ruangan dalam mensupervisi asuhan keperawatan sehingga kinerja perawat pelaksana makin meningkat terutama dalam sosialisasi diagnosis NANDA dan NOC NIC dan kemampuan kepala ruangan sebagai problem solving bagi perawat pelaksana. Kata kunci : kemampuan supervisi, asuhan keperawatan Daftar pustaka : 46 (2001 – 2013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 18 Jun 2016 04:31
Last Modified: 18 Jun 2016 04:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item View Item