PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN TATA RUANG KOTA BUKITTINGGI (Studi Kasus RTH (Ruang Terbuka Hijau) Di Kelurahan Bukit Apit)

Riri, Hermayeni (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN TATA RUANG KOTA BUKITTINGGI (Studi Kasus RTH (Ruang Terbuka Hijau) Di Kelurahan Bukit Apit). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (602kB)
[img] Text (BAB VI (Penutup))
BAB VI (Penutup).pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULL RIRI HERMAYENI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Perencanaan tata ruang kota harus dilakukan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat agar produk dari kebijakan tersebut mewakili seluruh kepentingan masyarakat. Rencana tata ruang wilayah terdapat didalamnya berbagai aturan salah satunya mengenai RTH (Ruang Terbuka Hijau). RTH Kota Bukittinggi terletak di Kelurahan Bukit Apit, Kecamatan Guguak Panjang. Kelurahan ini merupakan salah satu Kelurahan yang dilalui oleh patahan semangko dan rawan akan bencana longsor. Tujuan Penelitian ini adalah menjelaskan alasan masyarakat menolak luas lahan RTH setelah Perda ditetapkan. Melalui metode penelitian kualitatif dengan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori berpikir sistem yang dikemukakan oleh Khairul Muluk dengan empat indikator diantaranya, lemahnya kemauan politik pemerintah, dominasi elit lokal, kurangnya keterlibatan lembaga kemasyarakatan dan bentuk partisipasi masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penolakan terjadi karena RTH tersebut akan dijadikan sebagai tempat wisata, serta penentuan luas lahan RTH tersebut tidak melibatkan pemilik tanah. Dalam pengambilan keputusan diwakilkan oleh tokoh masyarakat seperti niniak mamak dan datuak yang mana mereka nantinya akan menyampaikan kepada kaumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Tengku Rika Valentina, MA
Uncontrolled Keywords: Ruang Terbuka Hijau, Partisipasi masyarakat, Tokoh masyarakat
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:27
Last Modified: 23 Aug 2022 03:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109575

Actions (login required)

View Item View Item