Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Kualitas Tidur Remaja Kelas XI di SMA Negeri 1 Padang, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang

Hasby, Yessiva (2022) Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Kualitas Tidur Remaja Kelas XI di SMA Negeri 1 Padang, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat membuat kebanyakan remaja cenderung menghabiskan waktunya online di media sosial, tidak terkecuali di malam hari sebelum tidur yang dapat mengganggu proses tidur dan menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan penggunaan media sosial dengan kualitas tidur remaja kelas XI di SMA Negeri 1 Padang, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Desain penelitian ini adalah analitik menggunakan pendekatan cross sectional study dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini 187 responden. Analisa univariat ditampilkan dalam tabel distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian didapat sebagian besar responden menggunakan media sosial dengan kategori sedang (78,5%) dengan kualitas tidur yang buruk (59,9%). Terdapatnya hubungan yang bermakna antara penggunaan media sosial dengan kualitas tidur yaitu p=0,001. Hal ini berarti jika penggunaan media sosial tinggi, makan kualitas tidur yang diperoleh buruk. Diharapkan remaja bisa menggunakan media sosial dengan baik terutama dimalam hari sebelum tidur agar mengurangi efek negatif dari penggunaan media sosial seperti kualitas tidur yang buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. RIKA SABRI, S.Kp., M.Kes., Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Kualitas tidur, penggunaan media sosial, remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:00
Last Modified: 22 Aug 2022 05:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109552

Actions (login required)

View Item View Item