OPTIMALISASI PERBANDINGAN RESIN DAN HARDENER TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN WAKTU PENGERASAN PADA PROSES VACUUM ASSISTED RESIN INFUSION (STUDI KASUS RESIN EPOXY DAN RESIN VINYLESTER)

Muhammad Fauzan, Danisar Putra (2022) OPTIMALISASI PERBANDINGAN RESIN DAN HARDENER TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN WAKTU PENGERASAN PADA PROSES VACUUM ASSISTED RESIN INFUSION (STUDI KASUS RESIN EPOXY DAN RESIN VINYLESTER). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembentukan komposit salah satu metoda yang digunakan adalah vacuum assisted resin infusion (VARI), metoda jenis ini sangat mementingkan waktu pengerasan (curing time) dari resin dikarenakan jika resin mengeras sebelum masuk ke dalam laminasi atau mengeras sebelum mengalir ke dalam cetakan secara merata, maka hasil dari cetakan akan gagal. Pada penelitian ini perbandingan dari dua macam resin yaitu epoxy dan vinylester. dengan perbandingan untuk epoxy antara resin dan hardener adalah 1 : 0.5 , 1 : 1 , dan 1 : 1.5 . untuk vinylester perbandingan antara resin , hardener dan cobalt adalah 100 : 1.7 : 0.4 , 100 : 2 : 0.65 , dan 100 : 1.5 : 0.4. Nantinya dari perbandingan ini kita akan mencari sifat mekanis (melalui Uji Tarik dan Uji tekan) dan curing time dari masing - masing perbandingan. Hasil dari penelitian ini didapatkan perbandingan epoxy yang memiliki sifat getas adalah perbandingan resin dan hardener 1 : 0,5 sedangkan untuk dua perbandingan lainnya memiliki sifat ulet. Perbandingan vinylester semuanya memilki sifat getas. Waktu minimal vacuum infusion pada alat yang ada di P.T LAPAN adalah 30 menit sehingga semua perbandingan vinylester tidak bisa digunakan karena memiliki curing time dibawah 30 menit. Sesuai dari data dan pembahasan yang sudah dibuat, variasi perbandingan yang paling sesuai adalah perbandingan epoxy dengan perbandingan resin dan hardener 1 : 0,5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Devi Chandra, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Vacuum infusion, Epoxy, Vinylester, Curing Time
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:17
Last Modified: 22 Aug 2022 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109510

Actions (login required)

View Item View Item