Hubungan karakteristik keluarga dengan beban caregiver dalam merawat orang dengan skizofrenia yang melakukan kontrol di poliklinik rumah sakit jiwa Prof. HB Saanin Padang

Asiva, Augustine (2022) Hubungan karakteristik keluarga dengan beban caregiver dalam merawat orang dengan skizofrenia yang melakukan kontrol di poliklinik rumah sakit jiwa Prof. HB Saanin Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (Full Text Skripsi)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hubungan Karakteristik Keluarga Dengan Beban Caregiver Dalam Merawat Orang Dengan Skizofrenia Yang Melakukan Kontrol Di Poliklinik Rumah Sakit Jiwa Prof. HB Saanin Padang ABSTRAK Skizofrenia merupakan gangguan psikotik yang masih menjadi masalah kesehatan pada saat ini dan dapat mempengaruhi orang sekitarnya, terutama bagi orang yang merawat atau caregiver. Beban perawatan (beban caregiver) salah satunya dapat dipengaruhi oleh karakteristik keluarga (tipe keluarga, penghasilan, dan pendidikan keluarga). Tujuan penelitian ini adalah untuk menggetahui hubungan karakteristik keluarga dengan beban caregiver dalam merawat orang dengna skizofrenia yang melakukan kontrol di Poliklinik Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, analisis data menggunakan analisa chi-square. Sampel diambil menggunakan teknik non probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Jumlah sampel 180 responden. Responden merupakan keluarga yang merawat ODS lebih dari 1 tahun dan tinggal serumah. Hasil penelitian menunjukkan beban caregiver berada pada sedang (50%), dan hasil analisa chi- square didapat p value pada kerakterisitk tipe keluarga 0,000, penghasilan keluarga p value= 0,01, dan pendidikan keluarga p value = 0,000. Kesimpulan, adanya hubungan antara karakteristik keluarga (tipe keluarga, penghasilan keluarga, pendidikan keluarga) dengan beban caregiver. Saran, bagi pelayanan kesehatan dapat mengembangkan interensi terkait beban caregiver ODS, sehingga caregiver dapat merawat ODS dengan beban yang minimal. Kata Kunci : Skizofrenia; Karakteristik keluarga; Beban keluarga; Daftar Pustaka : 70 (2007-2020).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep.,Sp.Kep.J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:08
Last Modified: 22 Aug 2022 05:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109493

Actions (login required)

View Item View Item