Studi Fenologi Pembungaan dan Senyawa Kimia Beberapa Genotipe Tanaman Jamblang (Syzygium cumini (L.) Skeels) di Kota Padang

Habiburrahman Malik, Al-Hamda (2022) Studi Fenologi Pembungaan dan Senyawa Kimia Beberapa Genotipe Tanaman Jamblang (Syzygium cumini (L.) Skeels) di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir utuh (full text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jamblang (Syzygium cumini (L.) Skeels) merupakan tanaman yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan sebagai sumber kesehatan. Penyerbukan dan pembungaan adalah faktor penting yang mempengaruhi produktivitas tanaman. Informasi tentang fase-fase pembungaan merupakan informasi yang penting bagi perluasan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bunga dan buah, mengetahui tipe penyerbukan, mengetahui fertilitas dan viabilitas serbuk sari tanaman jamblang, dan mengetahui kadar kandungan senyawa kimia yang terkandung pada buah tanaman jamblang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari - Juni 2022 di Kota Padang, di Laboratorium BALITBU Tropika Solok, Laboratorium Fisiologi Tumbuhan, Laboratorium Kultur Jaringan dan Vahana Laboratory Padang dengan menggunakan metode survey. Penetapan tanaman sampel dan pemilihan klaster pada tanaman sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu dengan mengamati aspek penting dalam bagian fenologi bunga jamblang, yaitu fenologi bunga dan buah, tipe penyerbukan, viabilitas serbuk sari, fertilitas serbuk sari, dan kadar kandungan senyawa kimia. Jumlah seluruh genotipe tanaman yang diamati adalah 3 dengan masing-masing genotipe berjumlah 2 tanaman, genotipe tersebut yaitu warna daging buah ungu dengan bentuk buah ovoid (LBG-4 dan LKI-1), warna daging buah putih dengan bentuk buah ovoid (PAU-1 dan KUR-3), dan warna daging buah putih dengan bentuk buah elliptic (PDU-1 dan LBG-12). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan buah jamblang dari fase inisiasi pembungaan berlangsung antara 98 – 115 hari, memiliki tipe penyerbukan sendiri autogamy, memiliki fertilitas serbuk sari sebesar 66,67%, Tingkat kemanisan dan total asam tertinggi didapatkan pada buah matang sempurna. Kadar tannin tertinggi didapatkan pada buah muda. Antosianin ditemukan pada buah matang sempurna, dan aktivitas antioksidan ekstrak buah matang sempurna tanaman jamblang tergolong lemah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Etti Swasti, MS
Uncontrolled Keywords: Fenologi, pembungaan, jamblang, senyawa kimia
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:13
Last Modified: 19 Aug 2022 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109486

Actions (login required)

View Item View Item