RAFFI,SAPUTRA,(2022), " PERKEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DAKAK-DAKAK KURNIA NAGARI SIMABUR, KECAMATAN PARIANGAN, KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 1990-2020"

Raffi Saputra, Raffi Saputra (2022) RAFFI,SAPUTRA,(2022), " PERKEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DAKAK-DAKAK KURNIA NAGARI SIMABUR, KECAMATAN PARIANGAN, KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 1990-2020". Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
File Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
FILE BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Skripsi FUlltext)
full skripsi Raffi Saputra 1810711018.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Perkembangan Industri Rumah Tangga Dakak-Dakak Kurnia di Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar Pada Tahun 1990-2020”. Fokus skripsi ini adalah perkembangan dari Industri Dakak-Dakak Kurnia dan pengaruhnya bagi kehidupan pemilik dan pekerja. Dimulai dari periode awal adanya industri Dakak-Dakak Kurnia pada tahun 1990-2001. Dilanjutkan dengan periode perkembangan industri Dakak-Dakak Kurnia tahun 2002-2020. Kemudian pengaruh dari adanya industri Dakak-Dakak Kurnia bagi pemilik dan pekerja. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap penelitian. Pertama yaitu heuristic, melakukan pengumpulan sumber-sumber serta data-data yang diperlukan baik berupa arsip, buku, artikel maupun data hasil wawancara. Kedua kritik sumber, melakukan verifikasi/memilah data-data yang dikumpulkan baik dari sisi internal ataupun eksternal hingga menghasilkan data yang benar adanya. Ketiga interpretasi, menafsirkan data-data yang telah dipilah sehingga menemukan suatu yang dapat diungkapkan. Keempat Historiografi Sejarah, menuliskan hasil akhir dari penelitian yang dituangkan dalam bentuk karya ilmiah sejarah. Serta adapun skripsi ini menggunakan sumber primer dan sumber sekunder. Contoh dari sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, arsip perusahaan, foto, dan sumber sekunder meliputi hasil kajian terdahulu baik berupa buku, artikel dan skripsi-skripsi. Perkembangan industri Dakak-Dakak Kurnia dalam kurun waktu tahun 1990-2020. Terdapat perkembangan yang terjadi pada industri dakak-dakak kurnia yang dimulai dengan tidak adanya tempat produksi sendiri dan toko penjualan dakak-dakak (periode tahun 1990-2001) kemudian berubah pada periode kedua dengan adanya toko dan tempat produksi sendiri ditambah dengan telah terdaftarnya produk pada Dinas Kesehatan dan sertifikat halal dari MUI. Perubahan ini juga membawa dampak bagi kehidupan yang dirasakan oleh pemilik dan pekerja di Industri Dakak-Dakak Kurnia. Dimulai dari kehidupan pemilik yang awalnya masih belum memiliki tempat tinggal tetap kemudian perlahan berhasil membangun rumah sendiri seiring dengan perkembangan industri Dakak-Dakak Kurnia. Industri Dakak-Dakak Kurnia juga memberikan pengaruh positif terhadap pekerja dikarenakan pada umumnya berasal dari keluarga kurang mampu. Kata Kunci: Dakak-Dakak Kurnia, Pemilik, Pekerja, Industri Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Witrianto, S.S., M.Hum., M.Si
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:11
Last Modified: 19 Aug 2022 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109454

Actions (login required)

View Item View Item