Variasi Genetik Tiga Populasi Kapuk Randu (Ceiba pentandra (L.) Gaertn di Sumatera Barat dengan Menggunakan Penanda RAPD

Fadilla, Hefzi (2022) Variasi Genetik Tiga Populasi Kapuk Randu (Ceiba pentandra (L.) Gaertn di Sumatera Barat dengan Menggunakan Penanda RAPD. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (231kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kapuk randu (Ceiba pentandra (L.) Gaertn) merupakan salah satu tanaman penghasil kapas. Namun, pada beberapa daerah terjadi penurunan populasi yang mengakibatkan terjadinya penurunan variasi genetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi genetik intrapopulasi dan interpopulasi, serta diferensiasi genetik kapuk randu pada tiga populasi di Sumatera Barat. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif menggunakan data molekuler dan pengoleksian sampel dengan metode survei. Analisis variasi genetik menggunakan penanda RAPD (Random Amplified Polymorphic DNA) pada 15 individu tanaman yang dikoleksi dari tiga populasi yaitu Solok, Pesisir Selatan, dan Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa primer OPA-01, OPA-02, dan OPB-10 mampu mendeteksi polimorfisme. Nilai variasi genetik intrapopulasi tertinggi pada populasi Pesisir Selatan (H = 0,1857) dan terendah pada populasi Solok (H = 0,1228). Variasi genetik interpopulasi (DST = 0,0326) lebih rendah dibandingkan variasi genetik intrapopulasi (Hs = 0,1607) dengan nilai diferensiasi genetik rendah (GST = 0,1686) dan nilai aliran gen tinggi (Nm = 2,4660). Analisis cluster menunjukkan bahwa populasi Pesisir Selatan dengan populasi Solok memiliki jarak genetik terjauh (0,0580). Analisis UPGMA menunjukkan bahwa aksesi tidak mengelompok secara spesifik berdasarkan populasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Mansyurdin, MS
Uncontrolled Keywords: Ceiba pentandra, RAPD, variasi genetik
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:57
Last Modified: 22 Aug 2022 04:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109449

Actions (login required)

View Item View Item