PEMANFAATAN LIGNIN DARI EKSTRAK BATANG SINGKONG (Manihot esculenta Crantz) SEBAGAI INHIBITOR KOROSI BAJA LUNAK DALAM MEDIUM ASAM KLORIDA

Selvia, Ningsih (2022) PEMANFAATAN LIGNIN DARI EKSTRAK BATANG SINGKONG (Manihot esculenta Crantz) SEBAGAI INHIBITOR KOROSI BAJA LUNAK DALAM MEDIUM ASAM KLORIDA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstract)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (BAB V AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan inhibitor korosi dalam medium asam klorida (HCl) 1 M oleh ekstrak lignin dari batang singkong (Manihot esculenta Crantz) diteliti menggunakan metode kehilangan berat (weight loss). Analisis yang digunakan ada 3 yaitu analisis Fourier Tansform Infrared (FTIR), spektrofotometri UV-vis, dan analisis mikroskop optik. Hasil penelitian metode kehilangan berat menunjukkan semakin tinggi suhu laju korosi semakin meningkat. Sedangkan semakin tinggi konsentrasi yang ditambahkan laju korosi semakin menurun. Efisiensi inhibisi semakin tinggi seiring meningkatnya suhu dan konsentrasi inhibitor. Nilai efisiensi inhibisi paling tinggi didapatkan pada konsentrasi ekstrak 10 g/L dengan suhu 60°C sebesar 90,163%. Adsorspi ekstrak lignin dari batang singkong mengikuti pola isoterm adsorpsi Langmuir. Hasil analisis FTIR dan spektrofotometri UV-vis menunjukkan adanya interaksi yang terjadi antara ekstrak lignin dari batang singkong dengan permukaan baja. Analisis morfologi permukaan menggunakan mikroskop optik menunjukkan bahwa ekstrak lignin dari batang singkong dapat berfungsi sebagai inhibitor korosi dengan cara membentuk lapisan pelindung pada permukaan baja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Emriadi, MS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:01
Last Modified: 22 Aug 2022 03:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109361

Actions (login required)

View Item View Item