PENGARUH KEPUASAN KERJA, KEADILAN ORGANISASI DAN KONTRAK PSIKOLOGIS TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL APOTEKER DI PEDAGANG BESAR FARMASI (PBF) KOTA PADANG

FENI, RAHAYU GUSTI (2015) PENGARUH KEPUASAN KERJA, KEADILAN ORGANISASI DAN KONTRAK PSIKOLOGIS TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL APOTEKER DI PEDAGANG BESAR FARMASI (PBF) KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tesis fulltext)
201501161158th_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dari studi awal yang dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada apoteker sebanyak delapan orang, didapatkan hasil studi kalau komitmen organisasi merupakan yang paling banyak muncul dan dirasakan. Adapun persepsi awal yang muncul dari apoteker yang berkaitan dengan komitmen organisasi selama bekerja di PBF, antara lain yaitu perasaan tidak ingin bertahan (tidak betah) bekerja selamanya untuk PBF (apabila mendapatkan pekerjaan yang lebih baik maka akan meninggalkan bekerja di PBF), pekerjaan yang dilakukan kurang menantang (membosankan) dan tidak banyak memakai ilmu kefarmasian seperti yang dipelajari di perkuliahan, imbalan atau gaji yang didapatkan sangat kecil dan tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, kesempatan promosi atau peluang untuk pengembangan karir sangat kecil dan adanya harapan yang 7 tidak sesuai dengan perjanjian awal. Hal ini terlihat dari data Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat tahun 2011 sampai tahun 2013 didapatkan 68,89 % telah terjadi pergantian Apoteker di PBF Kota Padang. Pergantian apoteker tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: kepuasaan kerja, keadilan organisasi dan kontrak psikologis. Oleh karena itu, untuk melihat lebih lanjut apakah ketiga faktor ini mempengaruhi komitmen organisasi apoteker di PBF saya memberi judul penelitian ini yaitu Pengaruh Kepuasan Kerja, Keadilan Organisasi dan Kontrak Psikologis terhadap Komitmen Organisasional Apoteker di PBF Kota Padang. 2. Bagi Peneliti Penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang penerapan manajemen sumber daya manusia, teruma mengenai aspek- aspek yang berperan dalam komitmen organisasional, misalnya : kepuasan kerja, keadilan organisasi dan kontrak psikologis. 3. Bagi Dunia Pendidikan Penelitian ini dapat menambah kepustakaan atau referensi tentang pengaruh dari kepuasaan kerja, keadialan organisasi dan kontrak psikologis terhadap komitmen organisasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 18 Jun 2016 06:51
Last Modified: 18 Jun 2016 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10930

Actions (login required)

View Item View Item