Rahma, Fitri (2022) Tindakan Konsumtif Produk Fashion Dan Kosmetik Remaja Generasi Z Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (186kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (761kB) |
|
Text (BAB IV Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version Download (42kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (169kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
E-Skripsi Full Rahma Fitri.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Remaja merupakan masa transisi dari kanak-kanak ke dewasa yang ditandai oleh sejumlah karakteristik tertentu seperti perubahan fisik yang dialami, emosional yang tidak stabil dan senang mencoba hal baru yang dianggap menarik untuk dilakukan. Salah satu aktivitas yang menarik dilakukan oleh remaja adalah senang mencoba hal yang terkait dengan penampilan yaitu dalam konsumsi produk fashion dan kosmetik untuk menampilkan image diri yang cantik, modis dan trendy. Maka dari itu, remaja berusaha ingin mendapatkan produk-produk pendukung dalam menunjang penampilannya. Adanya ketersediaan beberapa fasilitas-fasilitas pendukung seperti berkembangnya mall di Kota Padang, hadirnya banyak toko-toko kecil dekat lokasi tempat tinggal bahkan kemajuan teknologi (media sosial atau aplikasi belanja online) semakin mempermudah remaja berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna dan tindakan sosial remaja terutama dalam konsumsi produk fashion dan kosmetik. Mengacu pada teori tindakan sosial Weber yang digunakan untuk menjelaskan perilaku konsumtif remaja generasi Z dalam konsumsi produk fashion dan kosmetik. Pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif digunakan untuk memahami makna dan tindakan sosial remaja, sedangkan informan ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dalam konsumsi produk fashion dan kosmetik pada remaja terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi remaja dalam mengonsumsinya yaitu pada aktivitas konsumsinya terdapat beberapa aktivitas yang dilakukannya sebelum mengonsumsi yaitu pencarian informasi, pembelian yang implusif, dan ajakan teman. Kemudian, terdapat tujuh karakteristik yang mempengaruhi remaja dalam mengonsumsi yaitu pendapatan, harga, iklan, ketersediaan barang dan jasa, selera, mode dan jumlah keluarga. Dalam kegiatan konsumsi terdapatnya pengeluaran untuk mengonsumsi. Sedangkan makna yang ada dari penggunaan fashion dan kosmetik bagi remaja yaitu percaya diri, prestise, dan eksistensi diri. Tindakan sosial yang terdapat yaitu rasional instrumental, rasionalitas berorientasi nilai, dan tindakan afektif. Dalam perkembangan, masa remaja sangat membutuhkan berbagai kebutuhan dan pemenuhan untuk dapat bertahan dan menjalani proses perkembangan, adapun kebutuhannya yaitu kebutuhan fisik dan kebutuhan psikologis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dra. Mira Elfina, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Tindakan Sosial, Perilaku Konsumtif, Remaja Generasi Z, Fashion, Kosmetik |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 03:51 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:51 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109268 |
Actions (login required)
View Item |