KARAKTERISASI MORFOLOGI UNTUK MENDAPATKAN POHON INDUK PLASMA NUTFAH ENAU (Arenga pinnata Merr.) DENGAN PRODUKSI NIRA TINGGI DI KENAGARIAN SUNGAI NANIANG, KECAMATAN BUKIK BARISAN, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Trisia, Wulantika (2016) KARAKTERISASI MORFOLOGI UNTUK MENDAPATKAN POHON INDUK PLASMA NUTFAH ENAU (Arenga pinnata Merr.) DENGAN PRODUKSI NIRA TINGGI DI KENAGARIAN SUNGAI NANIANG, KECAMATAN BUKIK BARISAN, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Trisia Wulantika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keragaman serta karakteristik morfologi plasma nutfah enau di Kenagarian Sungai Naniang, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota dan menemukan kandidat yang berpotensi sebagai pohon induk dengan produksi nira tinggi untuk sumber tetua didalam pemuliaan tanaman. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan Oktober 2015 menggunakan metode purposive sampling, dari survei yang telah dilakukan didapatkan 30 aksesi tanaman enau. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dan dilakukan analisis kemiripan dengan menggunakan program NTSYS 2.10i. Analisis kemiripan tanaman enau dari 35 karakter morfologi menghasilkan koefisien kemiripan dengan angka 0,25-0,89. Ditemukan 7 aksesi kandidat pohon induk dengan produksi nira tinggi. Aksesi dengan produksi nira tinggi memiliki ciri rabuak berwarna merah, lingkaran batang besar, pelepah panjang, rachis panjang, tangkai daun panjang, jumlah anak daun banyak, anak daun panjang dan lebar, diameter buah besar, bobot buah berat, diameter biji besar, bobot biji berat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:17
Last Modified: 23 Jun 2016 06:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item View Item