DINAMIKA PENGGUNAAN ISU ANTI POLITIK DINASTI TERHADAP KEMENANGAN PASLON FADHIL BAKHTIAR DALAM PILKADA KABUPATEN BATANG HARI TAHUN 2020

syazania, syazania (2022) DINAMIKA PENGGUNAAN ISU ANTI POLITIK DINASTI TERHADAP KEMENANGAN PASLON FADHIL BAKHTIAR DALAM PILKADA KABUPATEN BATANG HARI TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (895kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL SYAZANIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat dua dinasti yang telah berkuasa di Kabupaten Batang Hari selama kurang lebih 20 tahun secara bergantian yaitu dinasti Abdul fattah dan Syahirsyah. Pada pelaksanaan Pilkada Kabupaten Batang Hari tahun 2020 klan Abdul Fattah dan Syahirsyah kembali mengusung anggota keluarga untuk maju mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Akan tetapi anggota keluarga yang dicalonkan oleh kedua nya berhasil dikalahkan oleh pasangan Fadhil-Bakhtiar satu-satunya pasangan calon yang bukan bagian dari dinasti, mereka bahkan tidak mempunyai latar belakang sebagai politikus karena berprofesi sebagai pejabat birokrat. Pasangan ini mempunyai strategi penyuaraan isu “anti politik dinasti” oleh tim pendukung untuk mempengaruhi kesadaran politik masyarakat. Isu “anti politik dinasti” tersebut menjadi salah satu modal yang berpengaruh terhadap kemenangan Fadhil-Bakhtiar dan mengakhiri kekuasaan dinasti Abdul Fattah dan Syahirsyah di Kabupaten Batang Hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrumental. Teori yang digunakan adalah teori dinasti politik dan political Awareness (kesadaran politik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tim pemenangan Fadhil-Bakhtiar menyuarakan isu “anti politik dinasti” sebagai bentuk keresahan terhadap keberadaan dinasti yang sudah lama mengakar di Batang Hari, Penyuaraan isu anti politik dinasti memang terkonsep dan terencana karena dianggap berpengaruh besar terhadap kemenangan Fadhil-Bakhtiar. Kemenangan Fadhil-Bakhtiar melawan dua dinasti dalam Pilkada Batang Hari membuktikan bahwa kesadaran politik masyarakat Batang Hari sudah mulai rasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asrinaldi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Dinasti Politik, Pemilihan Kepala Daerah, Kesadaran Politik
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:55
Last Modified: 19 Aug 2022 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109172

Actions (login required)

View Item View Item