KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA TANAMAN JERUK SIAM (Citrus nobilis Lour.) DI SUNGKAI, KELURAHAN LAMBUNG BUKIT, KECAMATAN PAUH, KOTA PADANG

Tuty, Hardianti (2022) KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA TANAMAN JERUK SIAM (Citrus nobilis Lour.) DI SUNGKAI, KELURAHAN LAMBUNG BUKIT, KECAMATAN PAUH, KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf

Download (113kB)
[img] Text (Daftra Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TUTY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Keanekaragaman serangga pada suatu lokasi pertanaman perlu dipelajari untuk menentukan peran dari masing-masing spesiesnya sehingga masalah hama bisa dikelola dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mempelajari keanekaragaman jenis dan peran serangga pada tanaman jeruk siam di Sungkai, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Metode yang digunakan adalah survei yang dilakukan di tanaman jeruk siam di Sungkai Kelurahan Lambung Bukit. Sampel tanaman diambil di tiga posisi berdasarkan perbedaan jarak tanaman dari pinggir hutan yaitu 20, 40 dan 60 m. Pada masing- masing posisi diambil 10 tanaman sampel. Sampel serangga diambil dengan cara menyemprotkan insektisida berbahan aktif monokrotofos pada tanaman sampel dan mengambil langsung dengan tangan serangga yang ada di bagian tanaman jeruk (daun, buah, bunga dan batang). Hasil penelitian menunjukkan jumlah spesies serangga yang ditemukan pada lokasi pengamatan berdasarkan jarak 20, 40 dan 60 m dari hutan berturut-turut adalah 19, 18 dan 12 spesies. Serangga yang ditemukan adalah Bractocera spp., Toxoptera sp., Aphis gossypii, Bothrogonia sp., Planococcus citri, Sanurus sp., Rhynchocoris humeralis, Conocephalus sp., dan Valanga nigricornis yang berperan sebagai hama. Blattella sp., Hemithyrsocera sp., Coccinella transversalis, Nylanderia sp., Polyrhachis sp., Dolichoderus sp., Anoplolepis gracilipes, Hierodula sp., Hierodula sp1 berperan sebagai predator. Serangga yang berperan sebagai polinator adalah Lasioglossum sp.. Keanekaragaman jenis serangga di masing-masing posisi (20, 40 dan 60 m dari pinggir hutan) tergolong sedang dengan indeks keanekaragaman masing- masingnya 2,10; 2,07; dan 1,95. Kemerataan pada masing-masing posisi tersebut di atas tergolong tinggi dengan nilai indeks kemerataan masing-masingnya 0,71; 0,72; dan 0,78.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Hidrayani,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Jeruk siam, keanekaragaman serangga, kemerataan spesies, kelimpahan individu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:40
Last Modified: 23 Aug 2022 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109150

Actions (login required)

View Item View Item