Syarif, Hidayatullah (2014) PENGGUNAAN SENSOR MAJEMUK UNTUK ANALISA DATA GAS BUANG KENDARAAN MOTOR BENSIN MENGGUNAKAN METODE FAST FOURIER TRANSFORM. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Tugas Akhir)
201411112342th_skripsi_0910452024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi gas yang berasal dari kendaraan bermotor bahan bakar bensin sistim karburator untuk mengetahui tingkat pembakaran mesin sempurna atau tidak sempurna. Gas Oksigen, Karbon Monoksida, Karbon Dioksida dan Hidrokarbon merupakan gas yang akan dijadikan penelitian. Semakin sedikit kadar Gas Oksigen, Karbon Monoksida dan Hidrokarbon serta semakin banyak gas Karbon Dioksida yang dihasilkan pada gas buang kendaraan maka semakin bagus tingkat pembakaran mesin. Dalam penelitian ini, sistem yang dirancang menggunakan sensor gas KE-50, sensor gas MQ_7, sensor gas MG-811 dan sensor gas TGS 2620 yang berfungsi untuk mendeteksi gas Gas Oksigen, Karbon Monoksida, Karbon Dioksida dan Hidrokarbon yang terdapat pada gas buang kendaraan. Dalam sistem ini menggunakan metode Fast Fourier Transform. Dimana nantinya akan didapatkan pola data dalam bentuk grafik masing masing gas buang. Hasil yang diperoleh untuk pengujian sampel pembakaran sempurna dari pola data yang telah didapatkan mencapai kesesuaian 80% sedangkan untuk pembakaran tidak sempurna mencapai kesesuaian 100%. Sedangkan untuk 10 sampel acak terdapat 8 buah pembakaran sempurna dan 2 buah pembakaran tidak sempurna. Kata Kunci : Emisi Gas Buang, FFT ( Fast Fourier Transform ), Mesin Bensin Karburator, Pola Data Pembakaran Sempurna dan Tidak Sempurna, Sensor Gas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer |
Depositing User: | Ms Dian Budiarti |
Date Deposited: | 17 Jun 2016 02:40 |
Last Modified: | 17 Jun 2016 02:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10914 |
Actions (login required)
View Item |