WULAN, OKTARIANI (2015) SEMIOTIKA DALAM IKLAN PRODUK BANK BNI SYARIAH “HASANAH TITIK!” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (TESIS)
201505212210st_semiotika dalam iklan produk bank bni syariah hasanah titik wulan oktariani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
Abstract
Pada umumnya setiap perusahaan dalam hal ini perusahaan perbankan syariah membutuhkan strategi yang tepat dalam melakukan pemasaran, salah satunya dengan menggunakan iklan. Iklan ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, makna, kepercayaan, sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu merek atau produk. Dengan demikian, iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan. Namun, pada dasarnya setiap masyarakat yang melihat sebuah iklan memiliki sebuah pemaknaan yang berbeda satu sama lain. Bahkan, pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat iklan akan diterima berbeda bagi siapa saja yang melihatnya berdasarkan pada latar belakang budaya masyarakat tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seperti apa makna yang ingin disampaikan BNI Syariah dalam iklan Hasanah Titik!, dan bagaimana makna iklan yang dibentuk oleh nasabah BNI Syariah sebagai masyarakat yang melihat iklan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Metode pengumpulan data adalah observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran langsung tentang layanan hasanah yang berkaitan dengan iklan, dan selanjutnya dilakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yang benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara BNI Syariah dan nasabah terdapat pemahaman yang berbeda dalam memaknai iklan Hasanah Titik!. Banyak dari scene dan shot yang terdapat didalam iklan yang tidak sesuai makna yang dibentuk nasabah dengan apa yang ingin disampaikan oleh BNI Syariah. Hal ini menurut Barthes adalah sebuah kematian makna yang terjadi bagi pembuat iklan. Seharusnya pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat iklan dapat di bentuk pesan yang sama bagi masyarakat yang melihat iklan. Kata kunci: Iklan Hasanah Titik!, Semiotika Roland Barthes
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | Yth Vebi Dwi Putra |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 08:42 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 08:42 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10902 |
Actions (login required)
View Item |