Pengaruh Gambir Terpurifikasi (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Rasio dan Histologi Pankreas Tikus Putih Jantan Diabetes Melitus

Rosa, Tiara La (2022) Pengaruh Gambir Terpurifikasi (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Rasio dan Histologi Pankreas Tikus Putih Jantan Diabetes Melitus. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (BAB I.PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text (SKRIPSI_TIARA LA ROSA_1811011015_FARMASI)
SKRIPSI_TIARA LA ROSA_1811011015_FARMASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)

Abstract

Gambir terpurfikasi (Uncaria gambir Roxb.) merupakan ekstrak dari tanaman gambir yang mengandung ≥90% katekin yang telah terbukti memiliki banyak aktivitas farmakologis seperti antioksidan, antibakteri, antihipertensi, antiseptik, antidiabetes. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas antioksidan yang dimiliki oleh gambir terpurifikasi terhadap histologi dan rasio pankreas tikus putih jantan diabetes. Sebanyak 45 ekor tikus putih jantan diabetes yang diinduksi aloksan digunakan sebagai hewan uji. Hewan uji dibagi menjadi lima kelompok yaitu kelompok kontrol positif, kontrol negatif dan tiga kelompok uji yang diberi gambir terpurifikasi dengan dosis 2.5, 5, dan 10 mg/kgbb secara oral selama 14 hari. Sebelum hewan uji diberi gambir terpurifikasi dan pada hari ke 3,7 dan 14, tiga ekor hewan dari setiap kelompok dikorbankan dan diambil organ pankreas untuk ditimbang dan dilakukan pemeriksaan histopatologi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANOVA dua arah yang dilanjutkan dengan uji Duncan (kebermaknaan diambil pada p<0,05 ). Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian gambir terpurifikasi pada hewan uji dosis 2.5 , 5, dan 10 mg/kgbb dapat menurunkan terjadinya kerusakan pankreas (p<0,05). Sedangkan pemberian gambir terpurifikasi selama 14 hari pada hewan uji dapat meningkatkan persen penurunan gula darah puasa (p<0,05). Rasio organ pankreas tidak dipengaruhi secara bermakna oleh pemberian gambir terpurifikasi (p>0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. apt. Armenia, MS, Ph.D
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:23
Last Modified: 16 Aug 2022 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109015

Actions (login required)

View Item View Item