FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN IBU BALITA KE POSYANDU DI NAGARI SIBARAMBANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANINJAUAN KABUPATEN SOLOK SELAMA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2022.

ZAHWA, ABILIA USMAN (2022) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN IBU BALITA KE POSYANDU DI NAGARI SIBARAMBANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANINJAUAN KABUPATEN SOLOK SELAMA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (bab1 (pendahuluan))
bab 1 ( pendahuluan).pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (bab akhir (penutup))
bab akhir ( penutup).pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan Kunjungan ibu balita ke Posyandu selama pandemi COVID-19 menurun, mengakibatkan tidak terpantaunya tumbuh kembang balita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kunjungan ibu balita ke Posyandu di Nagari Sibarambang wilayah Kerja Puskesmas Paninjauan Kabupaten Solok selama pandemi COVID-19 tahun 2022. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan populasi sebanyak 231 ibu balita dan diambil sampel dengan perhitungan lameshow, sehingga sampelnya 75 ibu balita. Pengolahan data menggunakan analisis univariat dan bivariate, diolah menngunakan uji chi square. Hasil Analisis univariat menunjukkan bahwa 58,7% ibu balita memiliki kunjungan yang kurang ke Posyandu, 50,7% ibu berpengetahuan kurang, 53,3% ibu bersikap positif, 56% ibu tidak yakin, 62,7% ibu memiliki jarak rumah yang dekat, dan 56% ibu didukung oleh keluarganya. Analisis bivariat dengan CI 95% diperoleh variabel pengetahuan, sikap, keyakinan dan jarak dengan nilai p value = 0,000 berhubungan dengan kunjungan ibu balita ke Posyandu dan variabel dukungan keluarga dengan nilai p value = 0,296 tidak berhubungan dengan kunjungan ibu balita ke Posyandu. Kesimpulan Kunjungan ibu balita ke Posyandu dipengaruhi oleh faktor pengetahuan, sikap, keyakinan dan jarak. Kunjungan ibu balita tidak dipengaruhi oleh dukungan keluarga. Disarankan untuk menyediakan tempat Posyandu setiap jorongnya, sehingga tidak adanya dua Posyandu yang dijadikan satu. Daftar Pustaka : 87 (2011-2022) Kata Kunci : Posyandu, Balita, Kunjungan, COVID-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ch.Tuty Ernawati,SKM,. M.Kes Dr.Dra Sri Siswaati,Apt,SH,. M.Kes
Uncontrolled Keywords: Integrated Healthcare Center, Toddler, Visit, COVID-19
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:59
Last Modified: 16 Aug 2022 01:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108871

Actions (login required)

View Item View Item