Pengembangan Pariwisata Pada Obyek Wisata Puncak Koto Panjang Nagari Langsek Kadok Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman

Khairunnisa, Khairunnisa (2022) Pengembangan Pariwisata Pada Obyek Wisata Puncak Koto Panjang Nagari Langsek Kadok Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Desa wisata Langsek Kadok merupakan salah satu desa/nagari yang ditunjuk oleh pemerintah Kabupaten Pasaman sebagai nagari fokus mengelola pariwisata berbasis nuansa alam dengan obyek panorama hutan pinus. Pengembangan pariwisata pada obyek wisata ini dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata Beringin Sakti dan di bantu oleh aktor-aktor lainnya seperti Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Pasaman Raya, Dinas Pariwisata Kabuapten Pasaman, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pasaman, serta PLN Pelayanan Rao Kabupaten Pasaman Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan pariwisata pada obyek wisata Puncak Koto Panjang di Nagari Langsek Kadok Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi,dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling . penelitian ini menggunakan teori unsur pokok penunjang pengembangan pariwisata yang dikemukakan oleh Gamal Suwantoro. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa pada pengembangan pariwisata di destinasi wisata Puncak Koto Panjang belum terpenuhinya beberapa unsur penunjang pengembangan pariwisata terutama pada unsur sarana wisata, prasarana wisata, dan unsur tata laksana/infrastruktur, pada unsur penunjang obyek dan daya tarik wisata sudah terlihat dan pada unsur penunjang masyarakat/lingkungan dalam pengembangan pariwisata Pokdarwis setempat sudah mengadakan pertemuan dengan masyarakat dan pemerintah juga melakukan pelatihan kepada masyarakat setempat. Perlu adanya penguatan organisasi pada kelompok sadar wisata Beringin Sakti agar tupoksi dan tanggung jawab antar anggota semakin jelas dan perlu adanya kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam melakukan pengembangan pariwisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs.yOSERIZAL, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pengembangan, pariwisata, wisatawan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:24
Last Modified: 15 Aug 2022 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108849

Actions (login required)

View Item View Item