Pengaruh Leverage dan Likuiditas Terhadap Penghindaran Pajak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Perusahaan Terdampak Pandemi Menurut Data BPS Tahun 2020)

Defnia, Nofitri (2022) Pengaruh Leverage dan Likuiditas Terhadap Penghindaran Pajak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Perusahaan Terdampak Pandemi Menurut Data BPS Tahun 2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh leverage dan likuiditas terhadap penghindaran pajak pada perusahaan subsektor makanan dan minuman, transportasi, perdagangan, serta hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 23 sampel penelitian. Indikator yang digunakan dalam mengukur leverage adalah DAR, likuiditas dengan CR, dan penghindaran pajak dengan CETR. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SEM-PLS dengan WarpPLS 8.0. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan software SPPS 26 untuk uji analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa leverage berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak, sedangkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Kata Kunci: Leverage, Likuiditas, Penghindaran Pajak,

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aries Tanno, S.E., M.Si., Ak., CA.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:58
Last Modified: 15 Aug 2022 03:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108840

Actions (login required)

View Item View Item