FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN LANSIA UNTUK MENGIKUTI PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DI WILAYAH PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG

Intan, Fitria Arifin (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN LANSIA UNTUK MENGIKUTI PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DI WILAYAH PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (144kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
Bab VII Penutup.pdf

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelompok lanjut usia merupakan salah satu kelompok yang paling rentan terkena COVID-19. Maka dari itu pemerintah menetapkan upaya penanggulangan untuk melindungi kelompok rentan dari penluran COVID-19 salah satunya yaitu dengan pelaksanaan vaksinasi. Dikarenakan cakupan vaksin COVID-19 pada lansia masih belum optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan lansia untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel berjumlah 106 lansia dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar karakteristik responden dan kuesioner variabel usia, jenis kelamin, pendidikan, pengetahuan sikap dan kemauan vaksinasi. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner kemauan vaksinasi , pengetahuan dan sikap. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan usia (p=0,009), jenis kelamin (p=0,005), tingkat pendidikan (p<0,001), pengetahuan (p<0,001) dan sikap (p<0,001) memiliki hubungan yang signifikan dengan kemauan lansia untuk mengikuti vaksinasi COVID-19. Diharapkan kepada petugas Puskesmas Pauh meningkatkan upaya edukasi dan persuasif untuk meningkatkan kemauan lansia mengikuti vaksinasi sehingga dapat melindungi lansia sebagai populasi rentan terhadap COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih,S.Kp,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : COVID-19, Lansia, Vaksinasi, Kemauan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:34
Last Modified: 24 Aug 2022 03:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108838

Actions (login required)

View Item View Item