INDUKSI PEMBENTUKAN TUNAS CEMARA SUMATRA (Taxus sumatrana) SECARA IN VITRO PADA McCOWN’S WOODY PLANT MEDIUM (WPM) DENGAN PENAMBAHAN THIDIAZURON

Septiani, septiani (2022) INDUKSI PEMBENTUKAN TUNAS CEMARA SUMATRA (Taxus sumatrana) SECARA IN VITRO PADA McCOWN’S WOODY PLANT MEDIUM (WPM) DENGAN PENAMBAHAN THIDIAZURON. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (Skripsi full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Cemara Sumatra (Taxus sumatrana) merupakan salah satu spesies tumbuhan Gymnospermae yang ditemukan di daerah tropis. Tumbuhan ini dikategorikan sebagai terancam punah karena area penyebarannya yang terbatas serta eksploitasi yang berlebihan akibat kandungan metabolit sekundernya. Propagasi tumbuhan ini melalui teknik kultur jaringan sangat perlu dikembangkan. Media McCown Woody Plant Medium (WPM) merupakan media umum yang digunakan dalam mikropropagasi tumbuhan berkayu. Selanjutnya, media yang diperkaya dengan sitokinin dibutuhkan dalam upaya awal menginisiasi pembentukan tunas dari eksplan, salah satunya adalah thidiazuron (TDZ). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek dari konsentrasi beberapa TDZ dalam menginisiasi tunas dari eksplan nodus cemara sumatra. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dalam lima perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah konsentrasi TDZ pada kisaran 0 sampai 1,0 mg.L-1. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media dasar WPM mendukung hari pertama terbentuknya tunas (44-47 hari setelah kultur) bila dibandingkan dengan media yang diperkaya dengan TDZ. Selanjutnya, media dasar WPM dan penambahan TDZ 0,25 mg.L-1 memberikan efek terhadap jumlah tunas (3,4 dan 2,2 tunas) dan ukuran panjang tunas (2,6 dan 3,1 mm). Media WPM dengan penambahan 0,25 mg.L-1 memberikan hasil yang optimal dalam inisiasi pembentukan tunas. Secara umum, peningkatan konsentrasi TDZ menyebabkan tertundanya pembentukan dan pertumbuhan tunas, dan juga eksplan terlihat menguning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. M. Idris
Uncontrolled Keywords: Cemara sumatra, Induksi Tunas, McCown Woody Plant Medium (WPM), Nodus, Thidiazuron (TDZ)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:54
Last Modified: 15 Aug 2022 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108836

Actions (login required)

View Item View Item