Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Kepatuhan Perawat dan Perawat Gigi di RSUD Lubuk Sikaping tentang Penerapan Standard Precaution

Utami, Trifanta (2022) Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Kepatuhan Perawat dan Perawat Gigi di RSUD Lubuk Sikaping tentang Penerapan Standard Precaution. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (742kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab Akhir (Penutup_Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
tugas akhir ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Healthcare Associated Infections (HAIs) di rumah sakit merupakan masalah serius yang dapat mengancam kesehatan dan keselamatan pasien serta tenaga kesehatan secara global. HAIs dapat disebabkan olah kesalahan tenaga kesehatan salah satunya perawat dengan tingkat pengetahuan yang rendah dan ketidakpatuhan terhadap penerapan Standard Precaution. Standard Precaution merupakan kewaspadaan yang diterapkan dalam perawatan pasien difasilitas pelayanan kesehatan untuk mencegah infeksi silang sebelum pasien didiagnosis, sebelum pemeriksaan laboratorium dan setelah pasien didiagnois. Penerapan Standard Precaution berupa kebersihan tangan, penggunaan alat pelindung diri (APD) dan perlindungan dari tusukan jarum atau pengelolaan benda tajam. Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana pengetahuan dan kepatuhan perawat dan perawat gigi di RSUD Lubuk Sikaping tentang penerapan Standard Precaution menggunakan studi deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah 25 perawat dikumpulkan dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan yang baik tentang kebersihan tangan (92%), alat pelindung diri (96%) dan perlindungan dari tusukan jarum atau benda tajam lainnya (96%) dan untuk kepatuhan perawat sebagian besar responden patuh terhadap kebersihan tangan (80%), lebih dari setengah responden patuh dalam penggunaan alat pelindung diri (52%), dan sebagian besar responden tidak patuh dalam perlindungan dari tusukan jarum atau benda tajam lainnya (68%), maka dari itu perawat perlu meningkatkan kepatuhan untuk melindungi diri sendiri dan pasien dari penularan infeksi dengan menerapkan Standard Precaution.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Murniwati, MPPM
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, kepatuhan, Standard Precaution, perawat, perawat gigi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 13 Aug 2022 07:18
Last Modified: 13 Aug 2022 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108815

Actions (login required)

View Item View Item