HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENYAKIT MENULAR MAHASISWA PROFESI KEDOKTERAN GIGI DENGAN TINDAKAN KONTROL INFEKSI DALAM PERAWATAN GIGI DAN MULUT DI KOTA PADANG

FATIMAH, AZ ZAHRA (2022) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENYAKIT MENULAR MAHASISWA PROFESI KEDOKTERAN GIGI DENGAN TINDAKAN KONTROL INFEKSI DALAM PERAWATAN GIGI DAN MULUT DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB V)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit menular merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling krusial di seluruh dunia. Penyakit menular dapat terjadi pada pelayanan kesehatan gigi dan mulut tempat mahasiswa profesi memberikan perawatan ke pasien. Hal ini karena mahasiswa profesi dapat berkontak dengan darah, aerosol, atau droplet dari pasien. Persepsi mahasiswa profesi terhadap penyakit menular dan kewaspadaan standar berupa kontrol infeksi dapat menghindari dan mencegah terjadinya penularan ketika perawatan ke pasien. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran persepsi mahasiswa profesi kedokteran gigi berdasarkan Health Belief Model di Kota Padang terhadap penyakit menular serta tindakan kontrol infeksi selama perawatan gigi dan mulut, kemudian untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keduanya yaitu persepsi dengan tindakan kontrol infeksi. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa profesi kedokteran gigi di Kota Padang. Sampel diambil menggunakan teknik Probability Proportional to Size berjumlah 91 orang. Pengumpulan data dengan pengisian kuesioner secara daring. Hasil: Sebagian besar mahasiswa profesi memiliki persepsi positif (75,8%) dengan persepsi positif dari 6 komponen HBM didapatkan persepsi kerentanan (51,6%), persepsi keparahan (53,8%), persepsi manfaat (69,2%), persepsi hambatan (41,8%), persepsi isyarat untuk bertindak (62,6%), persepsi kemampuan diri (60,4%). Hasil tindakan kontrol infeksi mahasiswa profesi sebagian besar (76.9%) pada kategori tindakan baik. Analisis bivariat dengan uji chi-square diperoleh p-value 0,032 (P< 0,05). Kesimpulan: Sebagian besar mahasiswa profesi sudah berpersepsi positif terhadap penyakit menular dan kontrol infeksi, responden sudah menerapkan tindakan kontrol infeksi dengan baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa profesi kedokteran gigi dengan tindakan kontrol infeksi dalam perawatan gigi dan mulut di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Febrian, MKM
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Health Belief Model, Kontrol Infeksi, Mahasiswa Profesi Kedokteran Gigi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 12 Aug 2022 09:23
Last Modified: 12 Aug 2022 09:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108788

Actions (login required)

View Item View Item