PENINGKATAN EKSPOR KOREA SELATAN KE AMERIKA SERIKAT PASCA KEBIJAKAN PROTEKSIONISME DI ERA DONALD TRUMP

Salma, Mutiara Asri (2022) PENINGKATAN EKSPOR KOREA SELATAN KE AMERIKA SERIKAT PASCA KEBIJAKAN PROTEKSIONISME DI ERA DONALD TRUMP. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER_ABSTRAK_FIX.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB PENUTUP (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Draft Skripsi Fulltext Salma Mutiara Asri 1810851020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendukung keberhasilan perdagangan internasional Korea Selatan terhadap Amerika Serikat. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan ekspor Korea Selatan terhadap Amerika Serikat pasca diberlakukannya kebijakan proteksionisme perdagangan pada era Donald Trump yang bertujuan untuk menghambat produk ekspor Korea Selatan ke Amerika Serikat akibat defisit perdagangan yang terjadi pada Amerika Serikat. Produk-produk utama Korea Selatan tetap menjadi produk yang memiliki tingkat permintaan yang tinggi dan meningkatkan ekspor Korea Selatan terhadap Amerika Serikat dan menjadi bentuk keberhasilan perdagangan Korea Selatan terhadap Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan teori Diamond Porter tentang faktor yang menentukan National Competitive Advantage. Porter menjelaskan 4 faktor utama dan 2 faktor pendukung tingkat daya saing global sebuah negara. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif analisis melalui pendekatan penelitian bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan ekspor Korea Selatan ke Amerika Serikat pasca diberlakukannya kebijakan proteksionisme didukung oleh faktor yang menentukan daya saing produk Korea Selatan terhadap Amerika Serikat, yaitu faktor kondisi sumber daya Korea Selatan, faktor tingginya permintaan, keberadaan industri besar dan strategi dari perusahaan, lalu faktor kebijakan pemerintah Korea Selatan serta kontribusi negosiasi ulang KORUS FTA sebagai peluang dan faktor terkuat dan temuan utama dalam hal meningkatkan daya saing global Korea Selatan yang mendukung peningkatan ekspor Korea Selatan ke Amerika Serikat di era Donald Trump.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zulkifli Harza,S.IP., M.Soc.Sc
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Proteksionisme AS, Perdagangan Internasional, Diamond Porter Theory, National Competitive Advantage, KORUS FTA
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:13
Last Modified: 12 Aug 2022 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108747

Actions (login required)

View Item View Item