PENGARUH RUMPUT LAUT Turbinaria decurrens DALAM RANSUM TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL TOTAL, LDL, HDL, DAN TRIGLISERIDA SERUM DARAH BROILER

Aldra, Penta (2022) PENGARUH RUMPUT LAUT Turbinaria decurrens DALAM RANSUM TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL TOTAL, LDL, HDL, DAN TRIGLISERIDA SERUM DARAH BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Full text skripsi)
Full text skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh level pemberian tepung rumput laut Turbinaria decurrens yang telah direndam pada air mengalir selama 15 jam untuk menurunkan kadar garamnya terhadap kandungan kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida serum darah broiler. Penelitian ini menggunakan 140 ekor DOC broiler jenis CP-707 yang masing-masingnya ditempatkan dalam kandang kotak berukuran 60 x 50 x 50 cm. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari enam (6) perlakuan pemberian tepung rumput laut Turbinaria decurrens yang berbeda (0,3,6,9,12,15%), dan 100% pemberian ransum komersil sebagai ransum kontrol. Masing masing perlakuan diulang 4 kali. Peubah yang diamati adalah: kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida serum darah broiler. Hasil analisis ragam menunjukkan pemberian tepung rumput laut Turbinaria decurrens dalam ransum broiler berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap trigliserida,berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap LDL, dan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kolesterol total dan HDL serum darah broiler. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan rumput laut Turbinaria decurrens sebanyak 15% dalam ransum dapat menurunkan trigliserida menjadi 26,90 mg/dL, LDL menjadi 27,10 mg/dL, namun tidak mempengaruhi kandungan kolesterol total dan HDL dalam serum darah broiler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Turbinaria decurrens, broiler, kolesterol total, LDL, HDL, trigliserida
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:39
Last Modified: 15 Aug 2022 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108713

Actions (login required)

View Item View Item