HUBUNGAN SAFETY TALK DAN KEPATUHAN PENGGUNAAN APD DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT ABAISIAT RAYA PADANG TAHUN 2022

Nabila, Puti Bachza (2022) HUBUNGAN SAFETY TALK DAN KEPATUHAN PENGGUNAAN APD DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT ABAISIAT RAYA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (BAB 6 (KESIMPULAN DAN SARAN))
BAB 6 (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Menurut International Labour Organization (ILO) pada tahun 2018 sebanyak 13,7% pekerja meninggal setiap tahunnya karena kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil survei awal didapatkan bahwa 4 dari 6 pekerja pernah mengalami kecelakaan kerja ringan dan berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara safety talk dan kepatuhan penggunaan APD dengan kecelakaan kerja pada pekerja bagian produksi di PT Abaisiat Raya tahun 2022. Metode : Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, dilakukan pada Februari-Juni 2022 di PT Abaisiat Raya. Populasi berjumlah 120 orang, jumlah sampel 60 responden dengan metode pengambilan sampel proportional random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan cara univariat dan bivariat. Analisis data dengan uji chi-square. Hasil : Hasil penelitian menunjukan seluruh pekerja yang menjadi responden pernah mengalami kecelakaan kerja diantaranya kecelakaan kerja ringan dan berat. Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan hubungan antara safety talk (p-value 0,003) dengan kecelakaan kerja dengan nilai POR sebesar 6,767. Dan terdapat hubungan antara kepatuhan penggunaan APD (p-value 0,000) dengan kecelakaan kerja dengan nilai POR sebesar 12,889. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara safety talk dan kepatuhan penggunaan APD dengan kejadian kecelakaan kerja pada pekerja bagian produksi di PT Abaisiat Raya tahun 2022. Diharapkan kepada perusahaan untuk memaksimalkan pelaksaan safety talk dan meningkatkan kesadaran diri pekerja akan pentingnya menggunakan Alat Pelindung Diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aria Gusti, SKM., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan kerja, safety talk, APD
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 12 Aug 2022 05:13
Last Modified: 12 Aug 2022 05:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108698

Actions (login required)

View Item View Item