Pengaruh Waktu Perlakuan Ultrasonikasi Terhadap Sifat Mekanik Film Pellicle Bakteri Selulosa Pada Serat Nata De Coco Dengan Penambahan TEMPO

Tio, Baskara (2022) Pengaruh Waktu Perlakuan Ultrasonikasi Terhadap Sifat Mekanik Film Pellicle Bakteri Selulosa Pada Serat Nata De Coco Dengan Penambahan TEMPO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nanomaterial dalam dunia industri dan kesehatan berkembang saat ini karena memiliki sifat mekanik yang baik. Salah satu nanomaterial yang paling umum digunakan adalah nanoselulosa. Nanoselulosa merupakan salah satu inovasi nanomaterial berbasis polimer alam, seperti penggunaan nanoselulosa pada Nata de Coco yang merupakan hasil fermentasi air kelapa dengan menggunakan bakteri Acetobacter xylinum. Berdasarkan data R&D tahun 2019, Indonesia memiliki 3,5 juta hektar perkebunan kelapa dan menghasilkan 3 juta ton buah kelapa. Saat ini nata de coco banyak diteliti sebagai bahan nano pengganti plastik karena bersifat biodegradable atau mudah terurai di alam dan memiliki indeks kristalinitas yang tinggi. Penelitian ini mengamati bentuk ikatan rantai cabang dan porositas pada struktur amorf biopolimer Nata de Coco dengan mikroskop. Kemudian partikel yang kusut dan tidak rapi dipecah menggunakan gelombang ultrasonik. Semakin banyak ikatan OH yang dimiliki rantai, semakin baik sifat mekanik yang diperoleh. Nata de Coco akan diberikan perlakuan tempo dan akan mendapatkan suspensi berukuran nano, disaring melalui 100–500 mesh, kemudian diberikan perlakuan variasi waktu ultrasonik. Selanjutnya sampel disaring menggunakan vakum buchner filtrasi funnel, dikeringkan dalam oven sampai kering, dan dibentuk menggunakan ukuran ASTM D638-14 tipe 5 untuk pengujian tarik. Hasil terbaik dari sifat mekanik yang didapatkan pada variasi waktu ultrasonik 30 menit adalah nilai kekuatan tarik tertinggi 123,36 MPa, nilai modulus elastisitas tertinggi 4,426 MPa, dan elongasi mengalami penurunan dengan nilai 4,67 % karena kekuatan tarik dan modulus elastisitas berbanding terbalik dengan elongasi. Sebaliknya, sifat mekanik terkecil berada pada tanpa waktu ultrasonik dengan nilai kekuatan tarik 46,41 MPa, nilai modulus elastisitas 1,070 MPa, dan nilai elongasi 5,79 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan ultrasonik dengan waktu yang lebih lama dapat meningkatkan kekuatan tarik dan modulus elastisitas film serat nata de coco, sedangkan pada saat yang bersamaan elongasi mengalami penurunan. Kata Kunci: Nanoselulosa, Biodegradable, Ultrasonikasi, Indeks Kristalinitas, Tempo, Sifat Mekanik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.-Ing. Hairul Abral
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nanoselulosa, Biodegradable, Ultrasonikasi, Indeks Kristalinitas, Tempo, Sifat Mekanik.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 10 Aug 2022 09:45
Last Modified: 10 Aug 2022 09:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108603

Actions (login required)

View Item View Item