ANALISIS SPEKTROFOTOMETER UV-VIS DAN HPLC LARUTAN PESTISIDA DIAZINON YANG DIDEGRADASI SECARA FOTOLISIS DENGAN PENAMBAHAN KATALIS TiO2-NiFe2O4 DAN TiO2-MnFe2O4

SANDRA, TRI JULI FENDRI (2014) ANALISIS SPEKTROFOTOMETER UV-VIS DAN HPLC LARUTAN PESTISIDA DIAZINON YANG DIDEGRADASI SECARA FOTOLISIS DENGAN PENAMBAHAN KATALIS TiO2-NiFe2O4 DAN TiO2-MnFe2O4. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
201504042158th_tesis s2 sandra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Diazinon merupakan insektisida golongan organofosfat yang dapat digunakan untuk memberantas atau mengendalikan hama tanaman seperti kutu daun, lalat, wereng padi, kumbang pengerek padi, dan sebagainya. Umumnya pestisida berpotensi membahayakan bagi manusia dan dapat menyebabkan kanker, cacat lahir, mutasi genetik, dan kerusakan syaraf. Luasnya penggunaan senyawa Diazinon dibidang pertanian akan menyebabkan semakin banyaknya residu senyawa ini yang terakumulasi di lingkungan. Residu pestisida tersebut dapat mencemari ekosistem perairan. Selain itu penggunaan pestisida yang tidak terkontrol akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap lingkungan. Dampak yang ditimbulkan seperti pencemaran air, tanah dan udara yang efeknya dapat menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu. Disamping itu, terdapatnya residu pestisida dalam air dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena makhluk hidup yang mengkonsumsi air tercemar residu pestisida akan keracunan akibat menumpuknya pestisida di dalam tubuh yang tidak dapat terurai dengan sempurna (Khoobdel, 2010). Untuk itu diperlukan metoda untuk mengatasi permasalahan limbah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 15 Jun 2016 09:27
Last Modified: 15 Jun 2016 09:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10857

Actions (login required)

View Item View Item