Praktik Sosial Perilaku Konsumtif Produk Make Up dan Skincare pada Mahasiswi Universitas Andalas

Aysih, Asroqol Maidiyah (2022) Praktik Sosial Perilaku Konsumtif Produk Make Up dan Skincare pada Mahasiswi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (575kB)
[img] Text (BAB IV)
penutup dan kesimpulan.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK AYSIH ASROQOL MAIDIYAH. 1810813009. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Judul Skripsi: Praktik Sosial Perilaku Konsumtif Mahasiswa Unand pada Penggunaan Make Up dan Skincare, Universitas Andalas. Pembimbing Zuldesni S.Sos. MA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya tingkat konsumsi make up dan skincare di kalangan mahasiswi, terkhusus mahasiswi Universitas Andalas. Perilaku konsumtif ini dapat dilihat dari penggunaan make up dan skincare dengan jenis dan fungsi yang sama, tingginya pengeluaran untuk membeli make up dan skincare, serta sering membeli make up dan skincare karena pengaruh trend, baeuty vlogger, dan teman. Berdasarkan fenomena diatas, dengan menggunakan teori Strukturasi Anthony Giddens, penelitian ini berupaya mendeskripsikan paktik sosial penggunaan make up dan skincare serta mengidentifikasikan penyebab agen dan struktural yang memungkinkan (enabling) sebagai penyebab terjadinya praktik sosial perilaku konsumtif produk make up dan skincare pada mahasiswi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan motode observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini sudah mewawancarai 8 informan, enam informan pelaku dan dua informan pengamat dengan pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Di samping itu, peneliti juga melakukan observasi terhadap aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh informan seperti melihat berapa banyak merek make up dan skincare yang digunakan oleh informan. Penelitian ini menunjukkan praktik sosial mahasiswa yang konsumtif dalam penggunaan make up dan skincare dapat dilihat dalam tiga perilaku berikut: menggunakan beragam merek make up dan skincare dengan jenis dan fungsi yang sama, sering mengganti merek make up dan skincare, sering mengganti produk dokter kecantikan, pengeluaran kurang lebih 50% untuk membeli make up dan skincare. Praktik sosial diatas diakibatkan oleh ketersediaan struktur yang memungkinkan seperti pergerakan produk make up dan skincare yang viral dimedia sosial yang cepat, keberadaan Beauty Vlogger yang lebih informatif dan menarik, serta teman sebaya (peer group) yang merekomendasi make up dan skincare. Lalu disamping aspek struktur, pemaknaan juga berpengaruh terhadap perilaku konsumtif tersebut, yaitu make up dan skincare dimaknai sebagai meningkatkan rasa percaya diri, produk yang mahal memiliki kualitas yang tinggi, prodk trend sebagai mengikuti perkembangan zaman (update). Kata Kunci: Praktik Sosial, Perilaku Konsumtif, Make Up dan Skincare

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zuldensi, S.Sos, M.A
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:40
Last Modified: 10 Aug 2022 06:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108564

Actions (login required)

View Item View Item