HUBUNGAN ANTARA KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR-α DAN INTERLEUKIN-1 SERUM DENGAN KERUSAKAN SENDI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS GENU

Dela, Hangri Jalmas (2022) HUBUNGAN ANTARA KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR-α DAN INTERLEUKIN-1 SERUM DENGAN KERUSAKAN SENDI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS GENU. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
HUBUNGAN ANTARA KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR-α DAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendahuluan : Osteoartritis (OA) merupakan artritis yang paling sering ditemukan dan prevalensi OA ini meningkat dengan bertambahnya usia. Sendi yang sering mengalami OA adalah sendi genu. Pemahaman tentang patogenesis OA tidak hanya dilihat sebagai penyakit degeneratif akibat keausan sendi saja, tetapi merupakan interaksi antara faktor mekanik, inflamasi, dan seluler yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sendi. Inflamasi sudah berperan di awal perjalanan OA dan yang melibatkan berbagai mediator inflamasi terutama Tumor Necrosis Factor-α (TNF-α) dan Interleukin-1 (IL-1). Pemeriksaan radiologi foto polos sendi digunakan sebagai standar emas untuk diagnosis dan juga menilai progresivitas penyakit. Foto polos sendi dapat menilai perubahan struktur dan kerusakan sendi secara tidak lansung. Kelemahan penggunaan foto polos sendi ini hanya dapat menilai secara tidak lansung perubahan yang terjadi pada sendi dan bukan penilaian secara lansung proses inflamasi pada sendi tersebut. Penelitian ini akan menghubungkan antara proses inflamasi pada sendi yang dinilai dengan mengukur kadar mediator inflamasi utama berupa TNF-α dan IL-1 dengan kerusakan sendi yang dinilai dari foto polos sendi. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional yang dilaksanakan di Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang selama 6 bulan. Sampel dipilih secara consecutive sampling sebanyak 46 orang pasien OA genu yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penilaian kerusakan sendi pada penelitian ini menggunakan derajat Kellgren-Lawrence (KL) dan lebar celah sendi dengan pemeriksaan radiologi foto polos sendi genu. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kadar TNF-α dan IL-1 serum dengan teknik enzyme linked immunosorbent assay (ELISA) dan dilakukan analisis statistik. Hasil : Terdapat perbedaan yang bermakna antara kadar TNF-α dan IL-1 serum pada OA genu derajat KL 1-2 dengan derajat KL 3-4 (p<0,05). Terdapat korelasi negatif antara kadar TNF-α serum dengan lebar celah sendi (r=0,475; p<0,05) dan korelasi negatif antara kadar IL-1 serum dengan lebar celah sendi (r=0,48; p<0,05). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kadar TNF-α dan IL-1 serum dengan kerusakan sendi pada pasien OA genu yang dinilai dengan derajat KL dan lebar celah sendi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Najirman, SpPD-KR, FINASIM
Uncontrolled Keywords: TNF-α, IL-1, Kellgren-Lawrence, lebar celah sendi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:29
Last Modified: 11 Aug 2022 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108552

Actions (login required)

View Item View Item