HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2022

Deva, Halisa (2022) HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Deva Halisa_1811312027_Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lanjut usia mengalami berbagai perubahan pada tubuh baik anatomis, fisiologis, dan biokimiawi yang mempengaruhi fungsi dan kemampuan seluruh tubuh. Lansia cenderung memiliki kualitas tidur yang pendek sehingga mengakibatkan kualitas tidur yang buruk. Faktor yang mempengaruhi kualitas tidur diantaranya aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat meningkatkan kualitas tidur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan kualitas tidur pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Tahun 2022. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 107 lansia. Pengambilan data menggunakan instrumen yaitu kuesioner Physical Activities Scale for Elderly (PASE) dan kuesioner Pittesburgh Sleep Quality Index (PSQI). Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki aktivitas fisik kurang (58,9%) dan sebagian besar responden memiliki kualitas tidur buruk (66,4%). Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kualitas tidur pada lansia dengan p value 0,001< 0,05. Perlu adanya kegiatan promosi kesehatan mengenai gaya hidup yang sehat untuk meningkatkan aktivitas fisik dan partisipasi lansia dalam membiasakan melakukan aktivitas secara mandiri agar tetap sehat dan bugar, serta meningkatkan kualitas tidur lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp., M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik, Kualitas Tidur, Lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:32
Last Modified: 12 Aug 2022 02:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108545

Actions (login required)

View Item View Item