ANALISIS HUBUNGAN KEPEMIMPINAN EFEKTIF KEPALA RUANGAN DENGAN PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN MENURUT PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RSUD PADANG PANJANG

UTARI, CHRISTYA WARDHANI (2014) ANALISIS HUBUNGAN KEPEMIMPINAN EFEKTIF KEPALA RUANGAN DENGAN PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN MENURUT PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RSUD PADANG PANJANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201410301028th_tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keselamatan pasien merupakan prioritas utama dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan dinilai melalui akreditasi sebuah rumah sakit (Depkes RI, 2008). Perawat memiliki peran dalam mencegah terjadinya kesalahan sehingga dapat berkontribusi dalam memberikan pelayanan yang aman. Kepala ruangan sebagai manajer lini pertama memiliki peran memotori bawahan yakni perawat pelaksana dalam langkah – langkah menuju keselamatan pasien (Depkes RI, 2008). Berdasarkan studi dokumentasi pada tahun 2013 diketahui bahwa telah terjadi 6 kasus KNC di RSUD Padang Panjang yakni di Ruangan Paru, Interne dan Anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kepemimpinan efektif kepala ruangan dengan penerapan keselamatan pasien menurut perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUD Padang Panjang. Desain penelitian adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan perawat pelaksana di ruang rawat inap yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang bermakna antara kepemimpinan efektif kepala ruangan dengan penerapan keselamatan pasien menurut perawat pelaksana (ρ < 0,05). Variabel komponen kepemimpinan efektif yang paling berhubungan adalah penggunaan energi (OR = 0,2). Saran bagi RSUD Padang Panjang adalah agar rumah sakit melaksanakan pelatihan kepemimpinan dan pelatihan keselamatan pasien untuk mewujudkan penerapan keselamatan pasien yang baik. Kata kunci : kepemimpinan efektif, keselamatan pasien Daftar pustaka : 52 (1992-2013)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 15 Jun 2016 09:04
Last Modified: 15 Jun 2016 09:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10852

Actions (login required)

View Item View Item