HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN DENGAN KEINGINAN MELAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 PADA SARANA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DI KECAMATAN PADANG UTARA

Safira, Aziza (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN DENGAN KEINGINAN MELAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 PADA SARANA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DI KECAMATAN PADANG UTARA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (BAB VI Kesimpulan)
KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Skripsi full text)
ESKRIPSI FULLTEXT SAFIRA AZIZA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar Belakang: Vaksinasi merupakan tindakan yang dilakukan untuk menimbulkan efek kekebalan seseorang secara aktif dengan cara menyuntikan zat antigen yang bertujuan untuk merangsang terbentuknya antibodi sehingga seseorang diharapkan dapat kebal dari penyakit tersebut atau hanya mengalami gejala ringan saja. Menurut data Dinas Kesehatan Kota Padang, kecamatan Padang Utara merupakan kecamatan yang cakupan vaksinasinasinya termasuk kedalam 5 kecamatan yang cakupan vaksinasin yang rendah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan pasien dengan melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada sarana pelayanan kesehatan gigi di Kecamatan Padang Utara. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analisis teknik Cross Sectional dengan menggunakan uji chii-square. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 107 responden dengan teknik purposive sampling yang diperoleh dari pengisian kuesioner/angket penelitian. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat yang diolah menggunakan SPSS. Hasil: berdarkan hasil uji univariat didapatkan sebanyak 58,9% responden memiliki pengetahuan yang tinggi terkait melaksanaan vaksinasi COVID-19 dan sebanyak 66,4% responden memiliki keinginan yang tinggi terkait melaksanakan vaksinasi COVID-19. Berdasarkan hasil uji analisis bivariat sebanyak 23,8 responden yang berpengetahuan baik tetapi memiliki keinginan yang rendah dalam melaksanakan vaksinasi COVID-19 dan sebanyak 76,2% responden yang berpengetahuan baik dengan keingian melaksanakan vaksinasi COVID-19 yang tinggi dan didapatkan hasil bermakna dengan nilai p = 0,005 ( <0,05), Kesimpulan: Terdapat hubungan pengetahuan pasien dengan keinginan melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada sarana pelayanan kesehatan di Kecamatan Padang Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Susi, MKM
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Vaksin, Pengetahuan, Keinginan , Pasien Gigi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:16
Last Modified: 11 Aug 2022 08:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108502

Actions (login required)

View Item View Item