Hubungan Pengetahuan Orang Tua dengan Kejadian Karies Gigi Molar Satu Permanen pada Anak Usia 6 – 8 Tahun di SDIT IQRA' Kota Solok

Frissa, Ardela (2022) Hubungan Pengetahuan Orang Tua dengan Kejadian Karies Gigi Molar Satu Permanen pada Anak Usia 6 – 8 Tahun di SDIT IQRA' Kota Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Molar satu permanen termasuk gigi yang rentan terhadap karies gigi setelah erupsi. Hal ini disebabkan oleh mineralisasi email pada gigi tersebut belum sempurna. Gigi molar satu permanen kurang menjadi perhatian orang tua karena gigi ini masih mengalami pergantian. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan orang tua tentang gigi molar satu permanen untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan gigi dan mulut anak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan orang tua dengan kejadian karies gigi molar satu permanen pada anak usia 6 – 8 tahun di SDIT IQRA’ Kota Solok. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 66 orang anak yang menjadi siswa SDIT IQRA’ Kota Solok berusia 6 – 8 tahun berserta orang tua-nya. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan memeriksa karies gigi molar satu permanen pada anak dan pengisian kuesioner oleh orang tua. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan lebih dari setengah sampel orang tua memiliki pengetahuan tentang gigi molar satu permanen dalam kategori rendah yaitu 56,1% dan sampel anak yang mengalami karies gigi molar satu permanen yaitu 40,9%. Hasil uji statistik Chi-square menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan orang tua dengan kejadian karies gigi molar satu permanen pada anak usia 6 – 8 tahun di SDIT IQRA’ Kota Solok dengan nilai p = 0,024 (p < 0,05) dan Odd Ratio = 0,27. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan orang tua dengan kejadian karies gigi molar satu permanen di SDIT IQRA’ Kota Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Sri Ramayanti, MDSc, Sp. KGA
Uncontrolled Keywords: Karies Gigi, Kota Solok, Molar Satu Permanen, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:20
Last Modified: 09 Aug 2022 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108486

Actions (login required)

View Item View Item