EFEKTIVITAS JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN IRIGASI SALURAN AKAR TERHADAP BAKTERI Enterococcus faecalis

Chairatul, Husniati Syukma (2022) EFEKTIVITAS JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN IRIGASI SALURAN AKAR TERHADAP BAKTERI Enterococcus faecalis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (BAB IV Penutup)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perawatan saluran akar bertujuan mempertahankan gigi yang telah mengalami infeksi pulpa atau periapikal agar dapat kembali ke bentuk dan fungsi semula dalam sistem pengunyahan. Perawatan saluran akar dapat mengalami kegagalan. Penyebab terjadi kegagalan perawatan saluran akar salah satunya karena adanya koloni bakteri yang hidup di dalam saluran akar. Bakteri yang umum ditemukan dan bertahan hidup di dalam saluran akar adalah Enterococcus faecalis (E. faecalis). Irigasi saluran akar bertujuan untuk mengeliminasi bakteri pada saluran akar. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) merupakan salah satu bahan alam yang memiliki potensi menjadi alternatif bahan irigasi dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. faecalis. Kandungan antibakteri utama dari jeruk nipis yaitu flavonoid, limonen dan asam sitrat. Tujuan penulisan literature review ini adalah untuk mengetahui efektivitas jeruk nipis (Citrus aurantifolia) sebagai alternatif bahan irigasi saluran akar terhadap bakteri E. faecalis. Kesimpulan dari literature review ini yaitu jeruk nipis (Citrus aurantifolia) efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri E. faecalis sehingga berpotensi sebagai alternatif bahan irigasi saluran akar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Deli Mona, Dr, drg, Sp. KG
Uncontrolled Keywords: Enterococcus faecalis, irigasi saluran akar, jeruk nipis (Citrus aurantifolia).
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:24
Last Modified: 11 Aug 2022 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108464

Actions (login required)

View Item View Item