Aplikasi Building Information Modeling (BIM) Menggunakan Software Autodesk Revit 2022 Dalam Pembuatan Bar Bending Schedule

Suri, Puti Andam (2022) Aplikasi Building Information Modeling (BIM) Menggunakan Software Autodesk Revit 2022 Dalam Pembuatan Bar Bending Schedule. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Kesimpulan & Saran)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
5. TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional. Hal ini menuntut adanya sebuah strategi yang menghasilkan perencanaan desain seoptimal mungkin sehingga produk infrastruktur yang dihasilkan dapat dilaksanakan tepat waktu dan efisien. Pekerjaan pembesian pada suatu konstruksi beton bertulang membutuhkan Bar Bending Schedule sebagai acuan pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Akan tetapi pekerjaan ini masih dilakukan secara konvensional. Hal ini memakan waktu yang lama dan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi dalam pembuatannya. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan sebuah teknologi yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi serta produktivitas di dunia konstruksi. Teknologi tersebut adalah teknologi BIM atau Building Information Modeling. BIM merupakan sebuah metode yang bekerja dengan memvisualisasikan konstruksi yang akan dibangun menjadi sebuah model 3D yang berisikan data dan informasi. Informasi dan data tersebut diolah secara otomatis oleh alat BIM yaitu salah satunya adalah software Autodesk Revit 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan software Autodesk Revit 2022 dalam pembuatan Bar Bending Schedule, membandingkan tahapan pengerjaan pembuatan Bar Bending Schedule dengan Autodesk Revit 2022 dan metode konvensional, dan mengidentifikasi metode mana yang lebih efisien diantara keduanya. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data yakni berupa Gambar Detail Engineering Design dan Spesifikasi standar yang berlaku pada Proyek Rumah Susun Kepolisian Daerah Sumatera Barat. Selanjutnya dilakukan perhitungan kebutuhan panjang dan jumlah tulangan dari masing-masing metode, kemudian direkap dalam bentuk hasil akhir lembar kerja Bar Bending Schedule. Selanjutnya tiap tahapan pengerjaan pembuatan Bar Bending Schedule antar dua metode dibandingkan dan didapat hasil bahwa dari segi mutu dan waktu metode pembuatan Bar Bending Schedule dengan metode BIM lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: BENNY HIDAYAT, Ph.D.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:13
Last Modified: 11 Aug 2022 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108463

Actions (login required)

View Item View Item