UJI DAYA HAMBAT ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN PUCUK MERAH (Syzyqium myrtifolium Walp.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Streptococcus mutans PENYEBAB KARIES GIGI

Hafifah, Hanum Suenda (2022) UJI DAYA HAMBAT ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN PUCUK MERAH (Syzyqium myrtifolium Walp.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Streptococcus mutans PENYEBAB KARIES GIGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (BAB 6 PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Skripsi full text)
FULL SKRIPSI Hafifah Hanum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Di Indonesia masalah kesehatan gigi dan mulut masih menjadi isu yang menarik karena masih tingginya prevalensi karies gigi. Streptococcus mutans merupakan mikroorganisme pada plak gigi yang berperan penting dalam pembentukan karies gigi. Pencegahan karies gigi salah satunya dapat dilakukan dengan mengendalikan plak melalui pemanfaatan senyawa antibakteri yang terkandung di dalam daun pucuk merah (Syzygium myrtifolium Walp.). Tujuan: Mengetahui daya hambat antibakteri ekstrak daun pucuk merah terhadap pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans. Metode: Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratoris dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Pembuatan ekstrak daun pucuk merah dilakukan dengan teknik maserasi dengan hasil ekstrak pekat konsentrasi 100% dan diencerkan dengan DMSO untuk mendapatkan larutan uji konsentrasi 1%, 2%, 4%, 8%, dan 16%. Uji daya hambat dilakukan dengan metode difusi cakram Kirby�Bauer pada media Agar Mueller Hinton (MHA). Hasil: Menunjukkan bahwa ekstrak daun pucuk merah konsentrasi 1%, 2%, 4%, 8%, dan 16% memiliki daya hambat terhadap pertumbuhan Streptococcus mutans. Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan bahwa nilai p<0,05 yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok konsentrasi 1%, 2%, 4%, 8%, 16% dan kelompok kontrol dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans. Kesimpulan: Ekstrak daun pucuk merah memiliki daya hambat terhadap pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans dengan tingkat kriteria respon hambat sedang pada konsentrasi 2%, 4%, 8%, 16% dan lemah pada konsentrasi 1% serta memiliki perbedaan daya hambat yang signifikan setiap masing-masing konsentrasi dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dedi Sumantri, drg, MDSc
Uncontrolled Keywords: daya hambat, ekstrak daun pucuk merah, Streptococcus mutans.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:13
Last Modified: 11 Aug 2022 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108459

Actions (login required)

View Item View Item