PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) KAYA ASAM LEMAK OMEGA-3 DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS TELUR PUYUH (Coturnix coturnix japonica)

Danisa, Novi Yuliani (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) KAYA ASAM LEMAK OMEGA-3 DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS TELUR PUYUH (Coturnix coturnix japonica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Updated Version

Download (512kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan tepung maggot BSF kaya asam lemak omega-3 dalam ransum terhadap kualitas telur puyuh. Penelitian ini menggunakan 200 ekor puyuh betina umur 12 minggu yang telah berproduksi 60% dan ditempatkan pada kandang baterai sebanyak 20 buah dan terdapat 10 ekor puyuh disetiap kandang. Penelitian ini dilakukan selama 6 minggu. Bahan pakan yang digunakan terdiri dari tepung maggot, jagung, dedak halus, bungkil kedelai, tepung daging dan tulang (MBM), corn glutel meal (CGM), tepung batu dan premix. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dalam penelitian terdiri dari R1 (kontrol), R2 (1,5 % tepung maggot BSF), R3 (3% tepung maggot BSF), R4 (4,5 tepung maggot BSF), R5( 6% tepung maggot BSF). Peubah yang diamati adalah warna kuning telur, lemak kuning telur, dan kolesterol kuning telur puyuh. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan tepung maggot BSF kaya asam lemak omega-3 dalam ransum puyuh petelur berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap warna kuning telur dan kolesterol kuning telur, serta berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap lemak kuning telur. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan tepung maggot BSF kaya Asam lemak omega-3 dalam ransum dapat digunakan sampai level 1,5 Pada kondisi ini diperoleh skor warna kuning telur 7,42, kadar lemak kuning telur 28,08 % dan kadar kolesterol kuning telur 262,00 mg/100g Kata Kunci : Black Soldier Fly, Omega-3, Kolesterol, warna kuning telur, puyuh petelur

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Montesqrit, SPt, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 08 Aug 2022 08:46
Last Modified: 08 Aug 2022 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108448

Actions (login required)

View Item View Item