Penerapan Konsep Scheduling (4D) Building Information Modelling Pada Pekerjaan Elektrikal dan Plambing

Uchi, Indrina Autia Asara (2022) Penerapan Konsep Scheduling (4D) Building Information Modelling Pada Pekerjaan Elektrikal dan Plambing. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tidak adanya koordinasi perencanaan desain antara pekerjaan arsitektur dan MEP, mengakibatkan pekerjaan ini sering mengalami ketidakcocokan antar desain hingga pada kondisi tertentu tidak dapat dilaksanakan. Di era digitalisasi konstruksi, dimana semua pekerjaan konstruksi akan digitalisasikan untuk mempermudah koordinasi pada suatu pekerjaan. Salah satu contoh teknologi di dunia konstruksi yang sedang mengalami kemajuan pesat pada saat ini adalah Building Information Modelling (BIM), yang merupakan suatu sistem dan manajemen dalam pengerjaan suatu proyek yang diterapkan berdasarkan informasi terkait dari keseluruhan aspek bangunan yang dikelola. Autodesk Revit merupakan tools BIM yang mampu dalam mewujudkan 3D Modelbase pekerjaan Mechanical, Electrical, dan Plumbing (MEP). Sedangkan software Autodesk Navisworks mampu dalam mewujudkan 4D Scheduling dan mampu meintegrasikan dengan 3D Modelbase. Dimulai dengan memodelkan 3D Modelbase pekerjaan elektrikal dan plambing di Software Autodesk Revit lalu melakukan interference checking untuk mengatahui akurasi dari pemodelan kemudian dilanjutkan dengan Quantity Takeoff dengan tujuan mendapatkan kuantitas tiap pekerjaan. Untuk pengestimasian durasi total didapatkan dari pengolahan data primer dan sekunder dimana hasil durasi total digunakan untuk rencana penjadwalan dengan bantuan Ms. Project dan dintegrasikan untuk mewujudkan model 4D beserta timeliner menggunakan Software Autodesk Navisworks, sehingga dapat diamati visualisasi dari rencana penjadwalan pada pekerjaan elektrikal dan plambing. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yakni 3D modelbase yang akurat dan terintegrasi, 91 hari estimasi durasi total, serta visualisasi 4D timeliner pada pekerjaan elektrikal dan plambing untuk tiap aktivitas pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Benny Hidayat,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Building Information Modelling, pekerjaan elektrikal dan plambing, 4D scheduling, interference checking
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 08 Aug 2022 08:37
Last Modified: 08 Aug 2022 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108447

Actions (login required)

View Item View Item