Analisis Pengaruh Ketimpangan Pendapatan, Kemiskinan, Pengangguran, dan Jumlah Penduduk Terhadap Angka Kriminalitas di Indonesia

Dwi, Tiva Anozi (2022) Analisis Pengaruh Ketimpangan Pendapatan, Kemiskinan, Pengangguran, dan Jumlah Penduduk Terhadap Angka Kriminalitas di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ketimpangan Distribusi Pendapatan, Kemiskinan, Pengangguran, dan Jumlah Penduduk terhadap Angka Kriminalitas di Indonesia dengan perbandingan data 31 provinsi. Data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik dengan rentang waktu 2013-2020. Dalam pengolahan data, metode analisis yang digunakan adalah Two-Step System Generalized Method of Moments (SYS GMM) dengan bantuan aplikasi Stata versi 14.2. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah angka kejahatan terhadap properti, lag angka kejahatan terhadap properti, indeks gini, persentase penduduk miskin, tingkat pengangguran terbuka, serta jumlah penduduk pada masing-masing provinsi di Indonesia. Berdasarkan hasil olah data ditemukan bahwa variabel lag angka kejahatan terhadap properti memiliki korelasi positif dan berpengaruh signifikan terhadap kejahatan properti di Indonesia. Hal ini menunjukkan hubungan dinamis pada variabel angka kejahatan properti. Selain itu, dalam short run dan long run effect, variabel persentase penduduk miskin, tingkat pengangguran terbuka dan jumlah penduduk memiliki korelasi positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap angka kejahatan properti pada taraf nyata 5 persen. Sedangkan variabel indeks gini berkorelasi positif tetapi tidak signifikan pada taraf nyata 5 persen terhadap angka kejahatan properti di Indonesia baik dalam short run maupun long run effect.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Besti Novianda, SE., MSE.
Uncontrolled Keywords: Angka Kejahatan Properti, Ketimpangan Pendapatan, Kemiskinan, Pengangguran, Jumlah Penduduk, Two-Step System Generalized Method of Moments (SYS GMM).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:53
Last Modified: 08 Aug 2022 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108441

Actions (login required)

View Item View Item