Fenolik Total, Flavonoid Total, dan Aktivitas Antibakteri Dari Ekstrak Metanol Kulit Batang Jambu Air (Syzygium aqueum (Burm.f) Alston) Kultivar Putih

Sisi, Lestiawati (2022) Fenolik Total, Flavonoid Total, dan Aktivitas Antibakteri Dari Ekstrak Metanol Kulit Batang Jambu Air (Syzygium aqueum (Burm.f) Alston) Kultivar Putih. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tumbuhan jambu air (Syzygium aqueum) merupakan salah satu tumbuhan asli Indonesia dan Malaysia yang termasuk dalam family Myrtaceae. Jambu air mengandung senyawa kimia yang memiliki aktivitas farmakologi sehingga digunakan sebagai obat tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kandungan fenolik total, flavonoid total dan pengujian aktivitas antibakteri dari ekstrak metanol kulit batang jambu air kultivar putih. Penentuan fenolik total dilakukan dengan menggunakan metode Follin Ciocalteu, penentuan flavonoid total dilakukan dengan menggunakan metode aluminium klorida, sedangkan penentuan aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi cakram dan dilusi cair. Ekstrak metanol kulit batang jambu air kultivar putih mengandung fenolik total sebesar 3,6328 mg GAE/10 mg ekstrak kering dan flavonoid total sebesar 9,275 mg QE/10 mg ekstrak kering. Diameter zona bening yang diperoleh pada metode difusi cakram sebesar 5-10 mm pada konsentrasi 0,9375-15%. Nilai Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) yang diperoleh pada metode dilusi sebesar 0,06%. Aktivitas antibakteri dengan metode difusi cakram dan dilusi cair menunjukkan penghambatan yang sedang terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Kata kunci: Syzygium aqueum, fenolik total, flavonoid total, aktivitas antibakteri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Afrizal
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:58
Last Modified: 08 Aug 2022 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108412

Actions (login required)

View Item View Item