Dinamika Ekspansi Semen Portland Tipe V terhadap Pengaruh Penambahan Gipsum yang direndam dalam Larutan Sulfat sesuai ASTM C1012 di PT. Semen Padang

Citra Adita, Ghaniyyulia (2022) Dinamika Ekspansi Semen Portland Tipe V terhadap Pengaruh Penambahan Gipsum yang direndam dalam Larutan Sulfat sesuai ASTM C1012 di PT. Semen Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Bab V. Penutup)
Bab V. Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan di dunia konstruksi sering dihadapkan pada masalah kegagalan struktur, misalnya serangan air laut, serangan sulfat, dan kelembaban yang tinggi. Salah satu teknologi yang aplikatif dan mudah diperoleh dalam pencegahan dampak serangan sulfat adalah penggunaan semen Portland tipe V yang memiliki kekhususan komposisi kimia. Dalam rangka meningkatkan komposisi semen yang memiliki kualitas tinggi dan ramah lingkungan, maka dilakukan penelitian tentang dinamika ekspansi semen Portland tipe V terhadap pengaruh penambahan jenis gipsum (gipsum alam dan gipsum sintesis). Kadar gipsum yang ditambahkan pada semen dapat dilihat dari kadar SO3 dimana kadar SO3 dengan penambahan gipsum alam A sebesar 1,26%, alam B 1,86%, alam C 2,43%, gipsum sintesis D 1,88%, dan sintesis E 2,28%. Dinamika ekspansi dipelajari dengan menggunakan metode ASTM C1012 untuk mendapatkan besarnya ekspansi dilakukan terhadap variasi waktu mulai dari minggu ke-1 hingga minggu ke-16. Selain proses ekspansi, juga dilakukan penentuan kuat tekan dan setting time. Dari hasil penelitian berdasarkan metode ASTM C1012 diperoleh ekspansi yang terbaik yakni dengan penambahan gipsum alam sebesar 0,031% dan penambahan gipsum sintesis sebesar 0,037% pada minggu ke-13 (batas optimum). Berdasarkan pengaruh penambahan gipsum alam A didapatkan perubahan kuat tekan 28 hari tertinggi yaitu sebesar 46,77 MPa dan waktu pengikatan (setting time) yang cepat yaitu selama 232 menit. Sedangkan pengaruh penambahan gipsum sintesis E didapatkan perubahan kuat tekan 28 hari terendah yaitu sebesar 33,83 MPa dan waktu pengikatan (setting time) yang lama yaitu selama 315 menit. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penambahan gipsum alam dan gipsum sintesis pada semen Portland Tipe V menghasilkan nilai ekspansi, kuat tekan dan setting time sesuai dengan standar yang ditetapkan. Namun, dari kelima sampel yang terbaik adalah semen Portland tipe V gipsum alam A diperoleh nilai ekspansi paling rendah dan nilai kuat tekan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Hermansyah Aziz
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:07
Last Modified: 08 Aug 2022 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108349

Actions (login required)

View Item View Item