PENGARUH PUPUK KOTORAN KELELAWAR DAN NPK Mg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI MAIN NURSERY PADA ULTISOL

Kasmawati, Kasmawati (2022) PENGARUH PUPUK KOTORAN KELELAWAR DAN NPK Mg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI MAIN NURSERY PADA ULTISOL. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I oke.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V oke.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dftar pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAHAN FULL TEXT)
bahan lengkap oke.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

1Kasmawati, 2Zulfadly Syarif , 3Auzar Syarif, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas Padang Sumatra Barat 25166 E-mail: kasma090619@gmail.com Abstrak Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas pertanian utama dan unggulan di Indonesia. Pertumbuhan kelapa sawit yang lebih baik tergantung pada ketersedian zat hara dan bahan organik yang dapat dipenuhi oleh pemanfaatan pupuk kotoran kelelawar dan NPK Mg terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pada tahap Main nursery. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Kencana Sawit Indonesia (KSI) Solok Selatan pada bulan Juli – November 2021 menggunakan rancangan acak lengkap factorial 4x4 dalam 3 ulangan (pupuk kotoran kelelawar: 0 g, 500 g, 1000 g, 1500 g dan NPK Mg : 30 g, 40 g, 50 g, 60 g). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Parameter yang diamati adalah anlisis tanah, analisis pupuk kotoran kelelawar (guano), tinggi tanaman (cm), panjang pelepah (cm), jumlah pelepah (helai), diameter bonggol (mm), panjang akar (cm), bobot segar tajuk (g), bobot segar akar (g), bobot kering tajuk (g), bobot kering akar (g), dan Rasio tajuk akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interkasi antara pemberian dosis pupuk kotoran kelelawar (guano) dan NPK Mg pada diameter bonggol, bobot segar akar, bobot kering akar, bobot segar tajuk, dan bobot kering tajuk bibit kelapa sawit di Main Nursery. Dosis pupuk kotoran kelelawar (guano) terbaik pada 1500 g/polibag pada pembibitan di Main nursery. Dosis NPK Mg yang terbaik pada 60 g/polibag pada pembibitan bibit kelapa sawit di Main nursery.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Zulfadly Syarif, M.P
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pupuk kotoran kelelawar, NPK Mg, Kelapa sawit, Main nursery, uji lanjut.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:46
Last Modified: 05 Aug 2022 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108324

Actions (login required)

View Item View Item