HUBUNGAN PENGETAHUAN DOKTER GIGI DENGAN PENERAPAN PROTEKSI DIRI UNTUK MENCEGAH RISIKO TERINFEKSI COVID-19 DI PRAKTIK DOKTER GIGI KOTA SOLOK

Regina, Shaqila Fendri (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DOKTER GIGI DENGAN PENERAPAN PROTEKSI DIRI UNTUK MENCEGAH RISIKO TERINFEKSI COVID-19 DI PRAKTIK DOKTER GIGI KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI REGINA SF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Dokter gigi merupakan salah satu tenaga medis yang berisiko tinggi terhadap COVID-19 dikarenakan harus berkontak langsung dengan pasien selama memberikan pelayanan gigi dan mulut. Paparan darah dan saliva pada dokter gigi sangat berisiko menjadi sumber penularan infeksi sehingga upaya strategi pencegahan yang efektif dalam bidang kedokteran perlu diperhatikan dan dijalankan dengan benar, terlepas dari tingkat risiko pelayanan yang diberikan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan penerapan proteksi diri dokter gigi terhadap COVID-19 di tempat praktik. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 17 dokter gigi yang berpraktik mandiri dan klinik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling dengan pengumpulan data dilakukan secara daring melalui google form. Analisis statistik menggunakan uji Fisher. Hasil: Hasil uji statistik pada penelitian ini menunjukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan penerapan proteksi diri untuk mencegah risiko terinfeksi COVID-19 di praktik dokter gigi dengan nilai p=1,000 (p>0,05). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dokter gigi dengan penerapan proteksi diri terhadap COVID-19 dikalangan dokter gigi yang berpraktik di Kota Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. drg. Febrian, MKM
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Penerapan, Proteksi Diri, Pencegahan, COVID-19, Praktik, Dokter Gigi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:51
Last Modified: 05 Aug 2022 08:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108320

Actions (login required)

View Item View Item