IMPLEMENTASI PERDA NOMOR 01 TAHUN 2016 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR (Studi Kasus: Perparkiran di Jalan Permindo Padang)

Febry Yolanda, Putri Harahap (2022) IMPLEMENTASI PERDA NOMOR 01 TAHUN 2016 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR (Studi Kasus: Perparkiran di Jalan Permindo Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
(Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
(BAB VI PENUTUP).pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
(Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Retribusi Pelayanan parkir di Tepi Jalan Umum merupakan pembayaran atas penggunaan lahan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah sebagai salah satu penyumbang retribusi daerah pada khususnya dan Pendapatan Asli Daerah pada umumnya. Kota Padang merupakan salah satu wilayah daerah yang memiliki potensi lahan parkir di tepi jalan umum yang cukup banyak dengan jumlah kendaraan yang meningkat setiap tahunnya. Namun penerimaan retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Padang tidak pernah mencapai target selama empat tahun belakangan ini yang ditentukan oleh Dinas Perhubungan Kota Padang. Permasalahan yang ditemukan dilapangan bahwa masih adanya parkir liar, serta maraknya oknum yang memanfaatkan lemahnya pengawasan dari Pihak UPT Parkir. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaska Implementasi Peraturan daerah No. 01 tahun 2016 tentang Retribusi Pelayanan Parkir (Studi Kasus: Perparkiran di Jalan Permindo Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus dengan analisis teori implementasi dari Van Metter Van Horn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi peraturan daerah nomor 01 tahun 2016 tentang retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum Kota Padang sudah memenuhi setiap indikator, tetapi masih terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya. Hal ini terbukti dari komunikasi antara pihak UPT parkir dan Dinas Perhubungan terkait sosialisasi bentuk-bentuk pelanggaran parkir dan pemungutan uang parkir. Faktor selanjutnya adalah sikap agen pelaksana antara Dishub dan UPT Parkir, Adanya komitmen implementor untuk melakukan patrol parkir liar yang terdiri dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Walaupun berjalan dengan baik, akan tetapi ada kendala dari faktor lingkungan sosial, ekonomi, politik. Bahwa masih ditemukan di lapangan adanya parkir liar, banyaknya masyarakat yang membuka lahan parkir sendiri. Walaupun pihak UPT Parkir sudah melaksanakan razia, akan tetapi pengawasannya masih dianggap lemah. Kata kunci : Implementasi, Retribusi, Parkir di Tepi Jalan Umum

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indah Adi Putri, MIP
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:03
Last Modified: 04 Aug 2022 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108273

Actions (login required)

View Item View Item